_3138682497JAKARTA, TODAY-Kontin­gen Indonesia yang akan tu­run di Olimpiade 2016 Brazil dijadwalkan dilepas secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Juni meski keberangakatan atlet ke ke­juaraan multi event ini ti­dak dilakukan bersamaan.“Memang benar. Presiden akan melepas secara langsung kontingen Indonesia ke olim­piade. Komunikasi hingga saat ini terus kami lakukan,” kata Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Mu­dai Maddang di Jakarta, Selasa.

Setelah dilepas oleh pres­iden, kata dia, atlet yang sudah pasti lolos akan diberangkat­kan secara bergelombang dan yang pertama akan berangkat adalah tim angkat besi. Hingga saat ini ada tujuh atlet yang di­pastikan lolos yang terdiri lima putra dan dua putri.

“Angkat besi akan berang­kat 8 Juni, tapi akan transit dulu di Afrika Selatan untuk men­jalani latihan. Angkat besi ke­mungkinan akan mendapatkan kuota atlet setelah ada atlet dari negara lain yang tidak lolos dop­ing,” katanya menambahkan.Mantan Ketua KONI Sumatera Selatan itu menjelaskan, untuk cabang olahraga lain seperti bulu tangkis, atletik, panahan dan rowing akan berangkat secara bergelombang. Khusus untuk rowing akan berangkat lang­sung dari Amsterdam, Belanda.Cabang olahraga bulu tangkis dan angkat besi, kata dia tetap menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali. Bahkan, untuk memantau persiapan atlet Indo­nesia pihaknya juga turun lang­sung. Khusus hari ini memantau persiapan atlet angkat besi.

“Untuk angket besi, Eko Yuli dan Triyatno tetap menjadi andalan. Kami melihat mereka sudah siap. Kami berharap mer­eka mampu meraih hasil terbaik di Brazil nanti,” kata pria yang juga seorang pengusaha itu.

Bulu tangkis Indonesia su­dah dipastikan mengirimkan 10 pemain terbaiknya. Untuk ganda putra ada pasangan Hendra Se­tiawan/Muhammad Ahsan, gan­da campura ada Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad dan Praveen Jor­dan/Debby Susanto. Ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda dan pemain tunggal Tommy Sugiarto.Berdasarkan data yang ada, jum­lah atlet Indonesia yang sudah pasti berangkat ke Brazil seban­yak 22 atlet. Hanya saja, jumlah tersebut akan bertambah karena akan ada penambahan dari ca­bang olahraga renang dan ang­kat besi.

“Renang bisa saja menam­bah satu atau dua atlet. Untuk angkat besi tambah satu,” kata Mudai Maddang menegaskan. (Imam/ant)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================