Untitled-7AMALIA DIAN PUSPITASARI
[email protected]

Memaknai peringatan Hari Jadi Bogor ke-534, Kepala BPK Kota Bogor Yulia J Nirmawati melakukan keg­iatan keren, yakni blusukan langsung ke rumah warga untuk memba­gi-bagikan sertifikat tanah gratis kepada warga kurang mampu di Gang Mitra, Ke­lurahan Cilendek Barat dan Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat.

Tak tanggung-tanggung, dalam acara blusukan langsung sambil membagikan 80 sertifikat gratis untuk MBR ini, Yulia men­gajak Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Maryo­no, Wakil Ketua DPRD Heri Cahyono, Sek­da Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Dandim 0606 Letkol Mukhamad Albar, Dandem­pon Letkol CPM Reza Nasution, Camat Bogor Barat, Ketua DPD Pan Kota Bogor Safrudin Bima, Kapolsek Bogor Barat.

‘’Ini sebetulnya program rutin yang sudah sering saya lakukan. Dulu di Kota Bogor ada program sertifikan gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dibiayai dana CSR. Tetapi saat ini se­dang vacum,’’ kata Yulia, Jumat (3/6/2016)

Untuk merespon permintaan ma­syarakat MBR yang cukup besar, yakni lebih dari 5.000 pemohon sertifikat, menurut Yulia, BPN Kota Bogor akhirnya menjalankan aksi blusukan pemberian sertifikat gratis melalui program Prona yang sudah menjadi program nasional.

BACA JUGA :  Masjid Agung Al Isra Kota Bogor jadi Pusat Ekonomi, Sosial dan Peradaban

Baik Walikota Bogor maupun Ketua DPRD Kota Bogor memuji program pemberi­an blusukan pemberian sertifikat gratis yang dilakukan Yulia ini. ‘’Ini program yang sangat luar biasa dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat kurang mampu,’’ katanya.

Bahkan Untung W Maryono menyam­paikan keinginannya membantu rakyat miskin untuk memperoleh sertifikat se­cara gratis. Kata Untung, pimpinan dewan bersama walikota mengalokasikan angga­ran untuk membantu masyarakat kurang mampu di setipa kelurahan. ‘’Misalnya kita anggarkan untuk setiap kelurahan 30 serti­fikat bagi warga tidak mampu,’’ katanya.

Acara blusukan penyerahan sertifi­kat gratis yang dimotori Yulia ini, sangat menarik dan patut dikembangkan secara nasional. Langkah ini sangat membantu masyarakat kurang mampu untuk mem­peroleh kekuatan hukum atas tanah yang mereka miliki. ‘’Bayangkan selama pulu­han tahun tanah yang mereka miliki tak punya kekuatan hukum yang kuat dan mengikat,’’ kata Yulia.

BACA JUGA :  Menu Sederhana untuk Sahur di Tanggl Tua, Nasi Goreng Terasi dan Sayuran yang Lezat dan Nikmat

Yang mengharukan, lahan dan rumah warga yang disertifikati ini umumnya di bawah 100 meter persegi. Yang paling ke­cil 27 meter persegi, yang paling besar 80 meter persegi. ‘’Program blusukan pem­berian sertifikat gratis ini kita lakukan dengan cara menjemput bola dan terjun langsung ke masyarakat,’’ ujar Yulia.

Di sela-sela acara blusukan sertifikat langsung ke rumah warga ini, Yulia ma­sih menyempatkan diri menanam pohon. Ada dua pohon yang ditanam yakni po­hon beringin putih dari Ketua DPRD Un­tung W Maryono dan pohon buah jambu jamaika dari BogorHejo-Bogor Today. Yang menarik, beringin putih sumbangan dari Untung Maryono ini ditanam oleh Bima Arya dan Heri Cahyono.

Sementara jambu jamaika dari Bogor Today ditanam rmai-ramai oleh Yulia, Ade Sarip, Pemred Bogor Today Alfian Mujani, Untung Maryono, Heri Cahyono, dan warga setempat.

Acara diakhiri dengan jajan cilok di pinggir jalan. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================