Di antara yang harus dipersiapkan ialah pertama persiapan iman. Di bulan Ramadhan, kita diwajibkan berpuasa serta dianjurkan juga menunaikan iba­dah-ibadah sunah seperti salat tarawih, tadarus Alquran dan sedekah. Semua ibadah itu hanya akan dapat dilak­sanakan jika kita benar-benar berbekal diri dengan keimanan yang mantap.

Pesiapan yang kedua ialah berupa ilmu. Kita sangat membutuhkan ilmu terutama yang berkaitan dengan sepu­tar fiqih puasa, agar puasa yang kita jalankan sesuai tuntunan syariat se­hingga kita dapat mencapai derajat tak­wa di sisi Allah swt. Firman Allah, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebe­lum kalian, agar kalian bertakwa.” (QS. Al-Baqarah :183)

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Bogor Ucapkan Terimakasih Kepada Bima dan Dedie di Acara Pisah Sambut

Dan persiapan yang ketiga, yaitu berupa harta. Mempersiapkan harta yang cukup di bulan Ramadhan tidak hanya untuk menafkahi dan memenuhi kebutuhan keluarga kita, tetapi juga untuk dapat menunaikan zakat fitrah dan memperbanyak sedekah.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Mobil Warga Karangasem, 4 Armada Dikerahkan

Ramadhan merupakan mo­mentum terbaik bagi kita untuk mempraktekkan kesalehan sosial yakni dengan menunjukkan sikap kedermawan terhadap sesama den­gan memperbanyak sedekah. Rasu­lullah bersabda, ‘Sebaik-baik sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan.’Wallahu a’lam bishawab.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================