Untitled-2Oleh KH Muhtadin, S.Ag, M.Pd.I

BERSYUKUr dan gembi­ra. Inilah yang dirasakan saat ini oleh kita sebagai umat Islam. Syukur dan gembira karena Allah swt telah mempertemu­kan kita kembali dengan Ramadhan, bulan yang dipenuhi keberkahan dan keagungan. Jauh sebelum Ramad­han tiba, kita selalu berdoa kepada Allah swt. agar kita dipanjang­kan umur untuk dipertemukan den­gan bulan ini dengan bacaan doa seb­agaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. yaitu ‘Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya’baana wa­ballignaa ramadhana’, yang artinya Ya Allah berikan kami keberkahan di bu­lan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami kepada bulan Ramadhan.

Baca Juga :  Dua Unit Rumah Kosong di Desa Sipak Hangus Terbakar

Menunjukkan rasa syukur dan gem­bira karena kembali dipertemukan­nya dengan Ramadhan ini merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji. Diriwayatkan dalam satu hadis bahwa Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan tubuhnya dari api neraka.’

Baca Juga :  Yonif 315/Garuda Akan Naik Status Menjadi Yonif Mekanis 315/Grd

Ramadhan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam untuk menggapai rahmat, am­punan dan pembebasan dari neraka. Namun, tentu saja untuk meraih keu­tamaan-keutamaan tersebut, kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.