Ditambahkan Gunnell, bahwa Ali sendiri meminta acara ibadah itu dilakukan ses­uai dengan Syariat Islam dan di hadapan seorang imam. Ber­dasar keterangan kematian Ali disebabkan oleh “syok sepsis” karena penyebab alami yang tidak teridentifikasi. Menurut Gunnel, Ali pertama dirawat pada Senin (30/5).

“Kami sempat punya ban­yak harapan kondisinya akan berbalik membaik,” terang Gunnel. ”Karenanya jam-jam terakhirnya sebelum pergi untuk selamalamanya, Ali di­habiskan bersama keluarga dekat. Ia meninggal dengan tenang dan tidak menderita,” imbuhnya. Beberapa ulama di Indonesia mempertanyakan proses pemakaman jenazah Muhammad Ali yang mencapai waktu sepekan ke depan. Hal itu tidak sesuai dengan tuntu­nan syariat Islam.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Sayap Ayam Goreng Saus Asam Pedas yang Lezat dan Nikmat

Pemakaman jenazah menurut Syariat Islam harus sesegera mungkin, tidak boleh ditunda-tunda untuk berhari-hari. “Ulama Islam di Amerika harusnya memberikan penjela­san dan pencerahan kepada keluarga almarhum Muham­mad Ali,” kata satu ustad di Jakarta. “Makamkan jenazah almarhum sesegera mungkin,” sambungnya.

Mantan presiden AS Bill Clinton merupakan salah seorang tokoh yang dijadwal­kan menyampaikan pidato penghormatan dalam upacara pemakaman juara tinju Ali, yang meninggal Jumat malam (4/6) pada usia 74 tahun, akibat komplikasi penyakit Parkinson.

BACA JUGA :  Cekcok dengan Istri, Pria di Makassar Bakar Rumah Mertua

Juru bicara Muhammad Ali mengatakan Ali adalah “warga dunia” dan ia ingin orang-orang dari semua lapisan masyarakat dapat hadir. Karenanya, upaca­ra itu akan diselenggarakan di arena olahraga Louisville (KFC Yum! Center) dengan kapasitas tempat duduk 22 ribu orang. Upacara ini terbuka untuk umum dan akan ditayangkan langsung di internet.

Para penggemar olahraga dan pengagum Ali mengenang dan berduka atas kehilangan pahlawan mereka hari Sabtu, beberapa jam setelah diumum­kan mantan juara tinju dunia itu meninggal dunia.

(Yuska Apitya Aji)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================