Smoking-cessasion-shutterstock_76514695Puasa sejatinya memang memberi banyak manfaat sehat bagi tubuh, seperti memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan detoksifikasi atau membantu menurunkan kadar gula darah. Tapi, jika aktivitas merokok tetap berjalan, bisa menghilangkan manfaat baik tersebut

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Ketika seseorang memilih untuk berbuka den­gan rokok ketimbang makanan, dengan ala­san belum sempat makan, tidak berselera, atau apapun itu, tubuh menjadi lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Baca Juga :  Hati-hati, Tanda Kolesterol Tinggi pada Wajah yang Meningkatkan Risiko Kematian di Usia Muda

Menurut Dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, spesialis gizi klinik dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, rokok mengandung zat aktif yang akan me­nyumbang dan meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Padahal, dengan berpuasa, tubuh sendiri sudah menghasilkan radikal bebas akibat tidak diimbangi dengan asupan antioksidan eksogen yang umumnya didapat melalui makanan.

Baca Juga :  Apakah Benar Kadar Kafein Teh Lebih Tinggi dari Kopi?

Pada kondisi normal, sebenarnya tubuh bisa meng­hasilkan antioksidan sendiri, yaitu antioksidan endo­gen. Namun, untuk memproduksi antioksidan endo­gen, tubuh membutuhkan asupan makanan.


1 KOMENTAR

  1. terimakasih banyak atas artikelnya, mudah mudahan banyak berguna, karena biasanya bagi perokok, begitu waktu buka puasa yang paling sering dilakukan adalah minum habis itu langsung merokok

Comments are closed.