Saat asupan makanan berkurang selama berpuasa, maka jumlah antioksidan endogen yang dihasilkan oleh tubuh juga ikut berkurang. Padahal, antioksi­dan endogen merupakan yang paling kuat dan san­gat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas.

“Terlebih lagi, berbuka dengan rokok bisa mem­buat orang makan lebih sedikit,” ujar Dr.Saptawati.

Dengan kata lain, Puasa yang dibuka dengan merokok, b e r p o t e n s i meningkat­kan jum­lah radi­kal bebas dalam tubuh sebanyak dua kali lipat.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Radikal bebas sendiri berperan dalam penuaan dan munculnya berbagai penyakit. Pada sel kulit, radikal bebas dapat merusak sel, se­hingga mempercepat penuaan kulit seperti kusam dan keriput. Selain itu, radikal bebas berisiko memunculkan sel-sel abnormal dalam tubuh seperti kanker.

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

Untuk menangkal dan mengurangi jum­lah radikal bebas dalam tubuh, dibutuh­kan asupan makanan sehat saat berbuka. Baik itu buah dan sayur yang mengandung berbagai vitamin A, C, serta E, dan kombinasi daging atau ikan yang mengandung protein.

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR

  1. terimakasih banyak atas artikelnya, mudah mudahan banyak berguna, karena biasanya bagi perokok, begitu waktu buka puasa yang paling sering dilakukan adalah minum habis itu langsung merokok