Rasulullah bersabda: ‘Setiap kamu adalah pemimpin, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpi­nannya. Penguasa adalah pemimpin, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang lelaki adalah pemimpin dalam rumah tangga, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang wanita adalah pemimpin di rumah suaminya, dan akan dimintai pertanggungjawa­ban atas kepemimpinannya. Pembantu rumah tangga adalah pemimpin dalam menjaga harta kekayaan tuannya, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Dan setiap kamu adalah pemimpin, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpi­nannya.’ (HR. Bukhari & Muslim)

BACA JUGA :  Kolaborasi Antisipasi Krisis Iklim Melalui Penanaman Pohon di Wilayah Kabupaten Bogor

Kepala keluarga yang membiarkan keluarganya dalam ketidaktaatan kepada Allah dengan tidak melaksanakan salat, zakat, puasa, dan kewajiban-kewajiban lain yang disyriatkan adalah sama saja dengan membiarkan mereka terjerumus ke dalam neraka. Allah swt. berfirman: ‘Hai orang-orang yang beriman, pelih­aralah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakar yang adalah manusia dan batu.’ (QS. At-Tahrim: 6)

Oleh sebab itu, sadarilah bahwa bah­wa sebagai kepala keluarga bahwa kita punya tanggung jawab terhadap kelu­arga bukan hanya mencukupi kebutuhan mereka berupa hal-hal material semata, tetapi kita juga wajib menyuruh mereka untuk beribadah dan mendidik dengan ajaran Allah swt. Berikan hak-hak mer­eka berupa perhatian dan kasih sayang,, pengajaran dan pendidikan, nasihat, keteladanan dari kita serta teguran ketika mereka keliru. Jadikan Ramadhan ini seb­agai saat yang tepat bagi kita dalam men­jaga amanah keluarga yang besar ini yaitu dengan bersama-sama mereka meraih rido dan surga dari Allah swt dengan memperbanyak ibadah kepada Allah swt.

BACA JUGA :  Rio Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Cidereum, Diduga Karena Kelelahan

Walau a’lam

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================