MUSLIM-AMERIKA-HLWASHINGTON TODAY– Otori­tas Amerika Serikat (AS) me­nyebut banyak warga muslim AS berperan aktif mencegah terorisme. Biro Investigasi Fed­eral (FBI) bahkan menyatakan warga muslim AS berulang kali melaporkan kecurigaan rekan sesama muslim yang berpotensi menjadi ekstremis.

“Mereka tidak ingin orang-orang melakukan kekerasan, baik di lingkungan mereka maupun atas nama keyakinan mereka, dan hubungan pal­ing produktif kami ialah den­gan orang-orang yang melihat hal mencurigakan dan mem­beritahu kami, yang keban­yakan warga muslim,” ujar Direktur FBI James Comey, seperti dilansir Reuters, Kamis (16/6/2016).

Baca Juga :  Usai Alami Kecelakaan Mobil di Los Angeles, Anne Heche Koma

“Menjadi kehormatan bagi efektivitas FBI untuk memiliki hubungan baik dengan orang-orang ini,” imbuh Comey dalam konferensi pers menang­gapi penembakan Orlando.

Juru bicara kantor FBI untuk wilayah Washington, Andrew Ames menuturkan kepada Re­uters, bahwa FBI memiliki hubungan yang kuat dengan komunitas muslim setempat. Agen FBI yang bertugas di wilayah itu banyak menerima laporan soal aktivitas men­curigakan dan laporan lainnya dari masyarakat.