6784Manuver politik para pemilik suara yang mewarnai perhelatan Musda Golkar, bukanlah tanpa sebab. Gencarnya lobi politik kepada pemilik suara disebut-sebut sebagai kunci keberpihakan.

Oleh : Patrick
[email protected]

Seperti diketahui, Yus Ruswandi, telah mendapat dukungan dari empat pengurus kecamatan (PK) untuk men­duduki kursi Ketua DPD. Ke­empatnya, yakni PK Tanah Sareal Agus Zulkifli, PK Bogor Barat Ahmad Gaos, PK Bogor Timur Endang Kosasih, dan PK Bogor Selatan Dian Ardian.

Keberpihakan para PK itu disebut, Pengamat Politik lokal AM Sarifudin lantaran figur Yus Ruswandi yang me­miliki bargaining lantaran berangkat dari kader akar rumput. Yus mengetahui bet­ul pola main dalam Musda dan apa yang diperlukan PK.

Baca Juga :  604 Warga Binaan Lapas Paledang Dapatkan Remisi, Tiga Diantaranya Bebas

Sebagai contoh, sebutnya, biaya operasional politik. Di­mana mengerahkan masa un­tuk mendukung diperlukan biaya. “Dan, Yus berani menge­luarkan biaya itu,” katanya.

Selain itu, Yus juga pintar dalam melakukan doktrin dan penggiringan massa. Dalam konteks ini, Yus memain­kan peran Ketua PK Bogor Selatan Dian Ardian sebagai ujung tombak perjuangan.

Baca Juga :  Rusli Prihatevy Resmi Gantikan Eka Wardhana

Dian dikenal sebagai figur yang memiliki kemampuan dalam melakukan penggiringan dan doktrinisasi. Sepak terjang Dian dalam kancah politik tak perlu diragukan lagi. Dimana Dian sudah cukup lama berke­cimpung dalam ranah politik.

Sebagaimana diketahui, beberapa tahun silam, Dian pernah menjabat sebagai Sek­retaris Anshor, organisasi sayap PPP. Dalam organisasi tersebut, Dian memiliki pengaruh kuat bagi para kader Anshor lainnya.