Untitled-3ALQURAN adalah kitab suci yang Allah swt tu­runkan kepada Nabi Muhammad saw untuk disampaikan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Firman Al­lah: ‘ Kitab (alquran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 2)

Salah satu kewajiban kita sebagai mus­lim terhadap Alquran ialah membacanya. Membaca Alquran merupakan ibadah yang paling utama dan sangat dianjurkan lebih banyak lagi di bulan Ramadhan ini. Mem­baca Alquran dan puasa di bulan Ramadhan adalah dua ibadah yang tidak terpisahkan.

BACA JUGA :  Jadi Beban APBD Kota Bogor, Komisi III Pertanyakan Urgensi Kantor Pemerintahan Baru

Rasulullah bersabda: ‘Puasa dan Alquran memberi syafaat kepada para hamba di hari kiamat. Puasa berkata:’ Wahai Tuhan ku, aku telah menghalanginya dari makan, mi­num dan syahwat di siang hari, maka berilah aku izin untuk memberi syafaat kepadanya.’ Alquran berkata : ‘Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya tidur di malam hari, maka berilah izin kepadaku untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Maka diterima syafaat puasa dan Alquran kemudian masuklah ia ke dalam surga.’ (HR. Hakim)

BACA JUGA :  Aniaya Ayah Kandung hingga Tak Sadarkan Diri, Anak Durhaka di Lampung Ditangkap

Di kalangan salafussalih juga sangat me­nonjol perhatian mereka terhadap Alquran di bulan Ramadhan. Aktivitas mereka dalam membaca Alquran di bulan Ramadhan sangat luar biasa perhatiannya. Bahkan banyak yang meninggalkan aktivitas lainnya, semata-mata untuk lebih banyak membaca Alquran.

============================================================
============================================================
============================================================