Untitled-16Inggris dan Slovakia bakal bentrok dalam laga pamungkas Grup B Euro 2016 di Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Selasa (21/6/2016) dinihari WIB. Mengoleksi empat poin, The Three Lions kini nangkring di posisi puncak mengungguli Wales (3), Slovakia (3) dan Rusia (1).

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Pada laga kedua kontra Wales, skuad arahan Roy Hodgson hampir dipaksa bermain imbang 1-1, se­belum akhirnya Daniel Sturridge mencetak gol kemenangan jelang bubaran. Keputusan Hodgson menarik keluar Harry Kane dan Ra­heem Sterling dan menggantinya dengan Sturridge dan Jamie Vardy, terbukti ampuh. Pasalnya, dua pe­main itu lah yang mencetak dua gol The Union Jack.

Sementara Slovakia telah suskes meraih kemenangan pertama mereka di Kejuaraan Eropa dengan mengalahkan Rusia 2-1. Kemenangan ini diraih berkat kinerja ce­merlang bintang Napoli, Marek Hamsik.

Tapi, pertahanan Slovakia harus menah­an tekanan di babak kedua dari Rusia yang terus menggempur, namun mereka akh­irnya berhasil mempertahankan keunggu­lam untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Vardy Ingin jadi Starter

Vardy sendiri sangat ingin ber­main sejak awal dalam laga pamungkas grup ini. Strik­er Leicester City pun telah membuktikan jika dirinya pantas diberi kepercayaan sebagai pemain inti, den­gan mencetak satu gol ke gawang Wales.

Vardy cuma jadi penghias bangku cadan­gan saat Inggris menjalani laga pembuka Piala Eropa dengan Rusia. Meski unggul lebih dulu, The Three Lions pada akhirnya harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Pada laga kedua, Vardy kembali memu­lai laga dari bangku cadangan. Namun kali ini masuk ke lapangan di pergantian babak, setelah Inggris tertinggal atas Wales. Ia lan­tas membuat gol penyama, yang kemudian digandakan oleh Sturridge untuk memberi Inggris kemenangan 2-1.

Setelah penampilan oke di laga dengan Wales, banyak suara yang mendukung Vardy dijadikan striker. Vardy sendiri berharap ke­sempatan main sejak menit pertama akan diberikan pada laga pamungkas grup meng­hadapi Slovakia.