PEMUDIK-MOTORJAKARTA TODAY– Wakakor­lantas Polri Brigjen Pol Indrajit memprediksi puncak kemac­etan arus mudik lebaran 2016 akan terjadi pada H-3 hari raya idul Fitri.

“H-3 merupakan puncak kemacetan arus mudik 2016,” tutur Indrajit saat rapat dengan Komisi V DPR di Kompleks Par­lemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Untuk menyikapi hal itu, Polri sudah menyiapkan lang­kah antisipasi berupa operasi penegakkan peraturan lalu lin­tas yang dinamakan Operasi Ramadania 2016. Nama ini berbeda dengan operasi sebel­umnya, yang lebih dikenal den­gan Operasi Ketupat.

BACA JUGA :  2 Kali Erupsi Jumat Pagi Ini, Gunung Semeru Letuskan 500 Meter di Atas Puncak

Korlantas Polri sendiri menyiapkan ratusan ribu petugas untuk ditempatkan di sepanjang jalan yang biasa dilalui saat musik. “Keterli­batan kekuatan operasi total personil lebih dari 150.000 personel. Ada juga tambahan lebih dari 1000 personil Bri­mob. Anggota Brimob selain mengamankan arus mudik juga untuk mengamankan petugas,” papar dia.

BACA JUGA :  Tega! Bayi Berusia 6 Hari Ditempeleng Ayah Kandung di Surabaya

Untuk tahun ini, Polri me­nargetkan angka kecelakaan saat arus mudik bisa berkurang dari tahun sebelumnya. “Jum­lah laka menurun 9% di tahun 2015, korban meninggal dan luka menurun. Untuk tahun ini kita targetkan makin menurun. Penegakkan hukum ditegak­kan bagi pengendara menjadi prioritas,” ungkapnya.

============================================================
============================================================
============================================================