PEMUDIK-MOTORJAKARTA TODAY– Wakakor­lantas Polri Brigjen Pol Indrajit memprediksi puncak kemac­etan arus mudik lebaran 2016 akan terjadi pada H-3 hari raya idul Fitri.

“H-3 merupakan puncak kemacetan arus mudik 2016,” tutur Indrajit saat rapat dengan Komisi V DPR di Kompleks Par­lemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Untuk menyikapi hal itu, Polri sudah menyiapkan lang­kah antisipasi berupa operasi penegakkan peraturan lalu lin­tas yang dinamakan Operasi Ramadania 2016. Nama ini berbeda dengan operasi sebel­umnya, yang lebih dikenal den­gan Operasi Ketupat.

Baca Juga :  Kebakaran Menghanguskan Satu Rumah di Aceh Timur

Korlantas Polri sendiri menyiapkan ratusan ribu petugas untuk ditempatkan di sepanjang jalan yang biasa dilalui saat musik. “Keterli­batan kekuatan operasi total personil lebih dari 150.000 personel. Ada juga tambahan lebih dari 1000 personil Bri­mob. Anggota Brimob selain mengamankan arus mudik juga untuk mengamankan petugas,” papar dia.

Baca Juga :  Tak Ada Perintah Dari Bupati, Ade Yasin Dizolimi

Untuk tahun ini, Polri me­nargetkan angka kecelakaan saat arus mudik bisa berkurang dari tahun sebelumnya. “Jum­lah laka menurun 9% di tahun 2015, korban meninggal dan luka menurun. Untuk tahun ini kita targetkan makin menurun. Penegakkan hukum ditegak­kan bagi pengendara menjadi prioritas,” ungkapnya.