Karena besarnya manfaat na­sihat bagi kita, hendaklah kita ber­pikir positif atas nasihat yang kita terima dari orang lain. Nasihat itu bisa dari orang-orang terdekat den­gan kita seperti keluarga, teman, guru atau lainnya. Nasihat yang mereka berikan sejatinya merupak­an tanda perhatian dan kasih say­ang kepada kita. Jauhkan pikiran negatif atas nasihat yang kita terima dari orang lain, apalagi merasa bahwa nasihat itu sebagai sesuatu yang merendahkan diri kita.

BACA JUGA :  Bocah 4 Tahun di Lampung Dicabuli saat Kejar Kucing Masuk Rumah Tetangga

Di dalam Alquran dijelaskan bahwa saling memberi nasihat adalah jalan yang Allah swt ajar­kan kepada kita supaya kita tidak merugi dalam hidup di dunia dan akhirat. Firman Allah : ‘Demi wak­tu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Ke­cuali orang-orang yang beriman, beramal saleh, saling nasihat-menasihati dalam kebenaran dan saling nasihat menasihati dalam kesabaran.’ (QS. Al-Ashar: 1-3)

BACA JUGA :  Apakah Boleh Makan Yogurt Setiap Hari? Simak Ini

Kemudian yang juga tidak ka­lah pentingnya ialah kita harus bergaul dengan orang-orang saleh. Berada di lingkungan orang-orang baik akan menjadi motivasi untuk berbuat baik. Sehingga kita akan terhindar dari perilaku yang ke­liru apalagi perbuatan maksiat dan dosa. Firman Allah: ‘Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kalian bersama orang-orang baik.’ (QS. At-Taubah: 119) Wallahu a’lam

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================