Jabodetabek_1000_Series_-_06F_(1061F)_EMUJAKARTA TODAY– PT KAI Com­muter Jabodetabek (KCJ) sebagai penyedia jasa angkutan kereta komuter di Jabodetabek telah siap untuk melayani penump­ang kereta rel listrik (KRL) pada musim libur lebaran tahun 2016 ini. KCJ telah mengantisipasi ke­mungkinan kepadatan penump­ang di sejumlah stasiun melalui penambahan fasilitas transaksi tiket, penataan arus penump­ang dan penambahan petugas. Dalam angkutan lebaran tahun ini, KCJ akan melayani 72 stasiun dengan stasiun terbaru yang dilayani KRL adalah Stasiun An­col. Dalam pelayanan bagi peng­guna di 72 stasiun tersebut, KCJ telah menyiapkan setidaknya 218 loket, 50 unit vending ma­chine (CViM) dan 30 point of sales(POS) mobile.

POS adalah perangkat tam­bahan yang fungsinya serupa dengan loket untuk melayani seluruh transaksi Tiket Harian Berjaminan (THB). POS Mobile akan dikonsentrasikan di sejum­lah stasiun yang padat penump­ang selama musim libr lebaran yaitu Bogor (13 unit) dan Tanah Abang (7 unit). Keberadaan POS ini merupakan upaya KCJ untuk mengurai antrian para peng­guna THB di sejumlah stasiun yang biasanya memadati loket maupun CViM.

Baca Juga :  Tujuh Pemain Judi Online di Simarasok Ditangkap Polisi di Warung

Kehadiran perangkat ini juga mendukung penataan alur kelu­ar masuk penumpang di stasiun. Penataan arus penumpang ini telah disiapkan khususnya un­tuk Stasiun Bogor, dimana akan terdapat pemisahan secara ketat untuk jalur penumpang masuk dengan penumpang keluar. KCJ juga telah menyiapkan jalur masuk tanpa antrian khusus un­tuk para pemegang Kartu Multi Trip (KMT) dan area tunggu penumpang di hall stasiun agar pergerakan penumpang tidak terhalang mereka yang sedang menunggu keluarga atau kera­batnya mengantri.

Dalam upaya memudahkan penumpang bertransaksi, KCJ juga telah menyiapkan inovasi berupa THB yang dapat dibeli langsung untuk perjalanan per­gi pulang (PP), dan petugas un­tuk menjual KMT maupun THB diluar loket.

Baca Juga :  Viral, Ibu Bermobil Mercy Kepergok Curi Cokelat di Alfamart

Untuk penambahan petugas khusus di sejumlah stasiun yang biasa dipadati penumpang saat libur lebaran, KCJ akan menger­ahkan hingga lebih dari empat puluh petugas tambahan di tiap stasiun. Petugas ini terdiri dari petugas loket dan CViM, petu­gas pelayanan pelanggan dan petugas keamanan. Seluruh kar­yawan KCJ juga secara bergan­tian ditugaskan untuk mengikuti posko di stasiun selama masa angkutan lebaran ini.

“Sejumlah upaya ini meru­pakan respon KCJ terhadap jum­lah pengguna yang terus men­ingkat dan akan semakin ramai pada masa angkutan lebaran,” jelas Direktur Utama KCJ, Mu­hammad Nurul Fadhila.