B8---11062016-ArtNia S. Amira
[email protected]

Pernahkah mengalami perasaan yang berbeda saat suara azan berku­mandang benar-benar menyentuh hatimu? Panggilan azan untuk melaksanakan Shalat berkumandang di hatimu, dan bulu kuduk berdiri. Demikian indahnya kumandang suara azan hingga membuatmu mene­teskan airmata dan membuatmu takut kepada Allah SWT. Keban­yakan dari kita, orang-orang yang tinggal di negara dengan penduduk muslim terbanyak, suara azan menjadi sesuatu yang biasa saja karena tiap hari mendengarnya.

Betapa menakjubkan saat kita mengetahui bahwa sebagai ma­nusia bukan satu-satunya mahluk yang dapat mendengarkan azan! Tidak seperti banyak umat Mus­lim yang tidak menanggapi azan dengan langsung melakukan Shalat, flora dan fauna bahkan bersujud kepada Sang pencipta mereka, dengan cara mereka yang khusus. Ketika Anda meli­hat video dari “bunga Azan”, hal itu akan mengingatkan Anda ten­tang ayat-ayat yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur’an: “. Seluruh alam semesta, bahkan pohon-pohon dan binatang memuliakan Allah SWT, hanya manusia me­nyadari” Subhanaallah ! “ Apakah kita benar-benar perlu melihat mukjizat? Mungkin sajan, untuk mensucikan dan memperkuat keimanan kita. Mungkin kita lakukan, tapi Islam berdasarkan keimanan (percaya pada hal yang gaib) dan saya benar-benar ingin hanya melakukan sesuatu yang baik yang akan membuat Allah senang dengan kita.

Jika kita melihat mukjizat Al­lah, ini adalah hal-hal yang harus kita percaya padaNya dan beriba­dah kepadaNya. Pada akhirnya, semua kemuliaan yang ada pada Islam terletak pada iman.

Azan adalah sebuah penanda bagi kaum muslim menunaikan ibadah mereka. Azan adalah panggilan bagi umat muslim un­tuk segera melaksanakan sholat. Seperti yang kita tahu, dalam se­hari ada 5 kali panggilan azan.

Suara azan dipercaya mem­berikan keuntungan tak hanya untuk manusia, namun juga bagi semesta alam. Sehubungan dengan kalimat ini, ada sebuah fenomena mengagetkan dari alam dan suara azan.

Kisah mengagetkan ini datang dari negara Azerbaijan, yang merupakan bagian dari Uni Sovi­et yang berada di wilayah Kaukus. Di negara ini ada sebuah bunga yang mekar sebanyak mengikuti suara azan yang berkumandang. Sekilas tak ada yang spesial pada bunga ini. Bunga tersebut hanya menguncup saja tanpa mekar. Namun, kuncup yang tertu­tup akan mekar merekah seperti Bunga Mawar ketika azan ber­kumandang. Berwarna kuning indah seperti bunga Alamanda membuatnya nampak cantik walaupun terlihat “malu-malu” dalam proses mekarnya.

Fenomena ini sampai diliput media-media barat yang akhirnya mencari tahu apakah bunga itu benar-benar ada. CNN adalah salah satu media yang mewawa­ncarai pemilik Bunga Azan ini. Ternyata bunga ini termasuk je­nis Evening Primrose, dari Genus Oenothera, sebangsa mawar.

Intinya adalah sangat valid, Al­lah SWT mengutus pengingat bagi kita dalam berbagai cara yang berbeda. Mungkin bunga azan ini adalah salah satu contoh sebagai pengingat untuk Shalat, teruta­ma jika itu benar-benar terjadi di Azerbaijan! Saya bertanya-tanya berapa banyak pengingat yang telah saya lewati dalam kehidupan sehari-hari saya. Subhanallah.

Saya berdoa kepada Allah yang menuntun kita semua ke jalan yang baik yang paling dicin­tai-Nya.