foto-1BUDAYA atau Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. https:// id.wikipedia.org/wiki/Budaya.

Oleh: NURHIDAYATI SALEH, S.Pd
Guru SMAN 1 Cibinong – Kabupaten Bogor

Pelestarian dan pengembangan un­sur-unsur budaya Indonesia yang unik dan beragam san­gat didukung oleh pemerintah terutama Departemen Pendi­dikan dan Kebudayaan. Hal ini terbukti pada Kurikulum 2006 dan 2013, DINAS PENDIDIKAN dan SATUAN PENDIDIKAN dapat mengembangkan mata pelajaran MULOK sendiri.yang disesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing sep­erti yang tercantum pada LAMPIRAN P E RAT U RA N MENTERI PEN­DIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDO­NESIA NOMOR 70 TAHUN 2013 TENTANG SILABUS SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH. Di sini disebutkan bah­wa Silabus dikembangkan oleh: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Dinas Pendidikan

Silabus yang dikembangkan pada tingkat daerah yaitu sila­bus sejumlah bahan kajian dan pelajaran dan/atau mata pelaja­ran muatan lokal yang ditentu­kan oleh daerah yang bersang­kutan.

Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah provinsi ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten/kota ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/ kota.

Satuan Pendidikan

Silabus yang dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan yaitu silabus muatan lokal yang berlaku pada satuan pendidikan yang bersangkutan.

============================================================
============================================================
============================================================