JAKARTA TODAY – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersinergi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Adapun mudik tahun ini Kemenhub mengusung tema ‘Mudik Bareng Asyik Lancar.’

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian, Zulfikri mengungkapkan, sebagai regulator pihaknya optimis arus mudik dan balik moda transportasi kereta api dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan selamat sesuai dengan tema mudik.

BACA JUGA :  7 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, yang Terakhir Dicari-cari

Pada penyelenggraan Angkutan Lebaran Tahun 2019, moda KA diperkirakan mengalami kenaikan volume penumpang sebesar 3,41 persen dari 6.236.227 menjadi 6.449.172 pada tahun ini.

“Menyikapi kenaikan jumlah penumpang KA pada masa Angkutan Lebaran 2019, Ditjen Perkeretaapian bersama PT. KAI menyiapkan sejumlah KA tambahan, meliputi 2 KA Ekonomi PSO, 5 KA Ekonomi non PSO serta KA Eksekutif, Bisnis dan KA Ekonomi Premium,” kata Zulkifri, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

BACA JUGA :  Warga Desa Cemplang Bogor Diteror Maling, Satu Bulan 5 Kali Aksi Pencurian

Jumlah kereta api reguler di tahun ini juga bertambah 3 persen dari 48 menjadi 50. “Jadi ada tambahan 2 perjalanan kereta yang ditambahkan,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya bersama KAI juga telah melaksanakan Inspeksi Angkutan Lebaran dengan menggunakan KA Inspeksi di Lintas Utara dan Lintas Selatan Jawa guna mengecek kesiapan prasarana perkeretaapian menjelang Angkutan Lebaran Tahun 2019.

============================================================
============================================================
============================================================