JAKARTA TODAY – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerima laporan dari Gubernur Papua dan Papua Barat bahwa kondisi wilayah keduanya sudah kondusif.

“Sudah kondusif, enggak ada masalah,” kata Tjahjo, Selasa (20/8/2019).

Tjahjo juga meminta Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk menyelesaikan permasalahan di wilayah mereka.

Tidak hanya itu, keduanya juga diminta tidak meninggalkan wilayahnya terlebih dahulu sebelum keadaannya benar-benar kondusif. Jika telah kondusif dengan pasti, kata dia, maka pertemuan mereka dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bisa segera dilaksanakan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 8 Mei 2024

“Nanti kami usulkan, diundang Pak Menko Polhukam, Pak Kapolri, kemudian Gubernur Papua Barat sekaligus Gubernur Papua bertemu dengan mahasiswa di Malang, Surabaya,” kata dia.

Namun, soal kapan pertemuan itu dilaksanakan, Tjahjo menyerahkannya kepada ketiga gubernur tersebut.

BACA JUGA :  Ravindra Titip Ribuan Bibit Pohon Ke Peserta Upacara Hardiknas di Sukajaya

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan akan mengumpulkan ketiga gubernur pada Selasa (20/8/2019) ini terkait insiden mahasiswa Papua di asrama Malang dan Surabaya, Jawa Timur. Namun, pecahnya kerusuhan di Manokwari, Papua pada Senin (19/8/2019) membuat pertemuan tersebut dibatalkan.

Ia pun meminta Gubernur Papua dan Papua Barat yang sudah di Jakarta untuk kembali lagi ke wilayahnya, mengamankan kondisi di sana. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================