JAKARTA TODAY – Koordinator Wilayah BEM SI untuk Jabodetabek, Abdul Basit, mengatakan banyak perwakilan mahasiswa yang didatangi oleh pihak tertentu. Kedatangan orang-orang itu meminta agar mahasiswa tidak melakukan aksi demonstrasi jelang dan saat pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2019.

“Kalau untuk itu banyak banget, terkait dengan menjanjikan sesuatulah untuk kita tidak aksi. Banyak banget,” kata Abdul, Kamis (16/10/2019).

Abdul tidak menjelaskan lebih lanjut siapa pihak yang dia sebut telah menawari sesuatu tersebut. Namun ia mengatakan bahwa tawaran-tawaran tersebut datang pada dua minggu belakangan, beriringan dengan menguatnya isu demonstrasi mahasiswa.

“Minggu-minggu ini. Ketika ada isu mulai ada aksi di tanggal 20 Oktober 2019,” kata Abdul.

BACA JUGA :  Kordinatoriat PWI Bogor Timur dan PWI Kabupaten Bogor Gelar Santunan Yatim

“Apalagi pihak kampus, menawarkan kegiatan-kegiatan seminar, yang lumayan besar juga bujetnya,” imbuhnya.

Menurut Abdul, dia dan kawan-kawannya tidak terpengaruh dengan berbagai tawaran yang tiba itu. Abdul menyebut mahasiswa akan konsisten dalam memperjuangkan tuntutan-tuntutan mahasiswa.

“Kami konsisten, tujuan kami untuk memperlihatkan bahwa kami tidak sama sekali ditunggangi,” kata Abdul.

Konsistensi itu terlihat dengan direalisasikannya demonstrasi hari ini di Patung Kuda. Menurut Abdul, aksi di Patung Kuda adalah kelanjutan dari tuntutan mahasiswa sebelumnya, terkait beberapa isu krusial, salah satunya KPK.

“Maka dari itu kami ingin menegaskan untuk menuntaskan reformasi dan mendesak Pak Jokowi untuk menuntaskan perppu,” ujar Abdul.

BACA JUGA :  Catat 2 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Kabupaten Bogor, Sabtu 23 Maret 2024

“Hari ini akan ada 18 kampus (demo). Teman-teman masih di jalan. Estimasi kurang lebih ada seribu (orang). Tapi kita tahulah secara kuantitas kami tak bisa menjamin,” pungkasnya.

Massa mahasiswa yang berada di Patung Kuda merupakan bagian dari massa BEM SI. Mereka bermaksud berdemonstrasi di depan Istana Merdeka, sekitar 500 meter dari Patung Kuda, menuntut penerbitan Perppu KPK.

Massa kali ini diisi oleh mahasiswa dari berbagai kampus, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ), STEI SEBI, STT Nurul Fikri, Universitas Yarsi, serta yang tergabung dalam organisasi BEM SI. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================