Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan & Guru SMA Pesat Kota Bogor)

Sudah hampir setahun pandemi Covid 19 kita alami di seluruh dunia, maka gaya hidup manusia di seluruh di dunia juga berubah, menjadi serba online dan melaksanakan Prokes (Protokol Kesehatan) 3M, yaitu sering mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Kalau menurut Aa Gym selain protokol kesehatan, harusnya kita juga melaksanakan protokol sedekah, agar pandemi Covid 19 segera berakhir, Aamiin.
Termasuk pada dunia pendidikan yang semula proses pembelajaran secara tatap muka, sekarang ada proses pembelajaran DARING dan LURING. Apa itu pengertian dari DARING dan LURING?

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Bihun Goreng Sapi yang Lezat Gurih dan Praktis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbud, DARING adalah akronim dari dalam jaringan. Artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Merinci kegiatan-kegiatan daring di antaranya, webinar, kelas online, KKN online, hingga kuliah online. Seluruh kegiatan dilakukan menggunakan jaringan internet dan komputer, bisa dengan zoom, google classroom dan lain-lain.

Sedangkan LURING adalah akronim dari luar jaringan. Luring diartikan sebagai terputus dari jejaring komputer. Adapun jenis kegiatan yang dilakukan Luring yakni menonton acara televisi sebagai pembelajaran siswa sekolah juga mengumpulkan karya berupa dokumen.

BACA JUGA :  Mau Traveling Kemana? Ini Dia Daftar 10 Hotel Terbaik di Dunia 2024, Dijamin Tak Mengecewakan

Kegiatan Luring tidak menggunakan jaringan internet dan komputer, melainkan media lainnya seperti televisi dan dokumen. Sudah banyak opini yang membahas tentang proses pembelajaran daring yang menarik, menantang, tidak membuat bete dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Tapi kebanyakan kita melupakan akan pentingnya adab dalam pembelajaran daring. Gara-gara kita terfokus pada pandemi Covid 19 dengan protokol kesehatannya dan daring dengan tetek bengek ITnya, maka adab peserta didik sering terlupakan. Untuk menghindari hal itu, maka dalam proses pembelajaran daring adab harus kita utamakan, yaitu dengan.

============================================================
============================================================
============================================================