Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan)

Berikut penulis tampilkan 2 berita tentang penghargaan internasional bidang tranportasi untuk Anies Baswedan. Berita pertama isinya bersifat normal, artinya sesuai dengan fungsi pers. Fungsi pers sebagaimana terdapat pada pasal 3 UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol social, disamping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi ayat (2).

Sementara berita kedua, isinya berita yang sinis, merendahkan, provokatif, berisi ujaran kebencian dan bahkan penuh fitnah. Baiklah silahkan dibaca pelan-pelan, dengan kepala dingan dan penuh keimanan.

BACA JUGA :  Lauk Praktis untuk Makan Siang, Suun Goreng Telur dan Kol yang Enak dan Nikmat

Berita pertama, kerja keras Anies Baswedan dalam menata Jakarta mendapat penghargaan, bukan lagi skala nasional, tapi internasional. Anies Baswedan dinilai berhasil melakukan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga Jakarta.

Lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) adalah inisiatif implementasi global terkemuka pada mobilitas berkelanjutan yang dibentuk melalui persatuan 11 mitra bergengsi. Mereka bersatu dalam tujuan mengubah mobilitas untuk kepentingan manusia dan lingkungan, dengan tujuan masa depan.

TUMI mendukung proyek transportasi di seluruh dunia dan memungkinkan pembuat kebijakan untuk mengubah mobilitas perkotaan. Mereka mendasarkan pada tiga pilar inovasi, pengetahuan, dan investasi.
Nama Anies Baswedan berada dalam urutan ke-17 dalam daftar 21 pahlawan yang dianggap berjasa dan memiliki inisiatif dalam mobilitas masyarakat urban yang berkelanjutan.

BACA JUGA :  Resep Membuat Paru Krispi Balado yang Nikmat Pedas Bikin Ketagihan

Anies Baswedan dinilai pandai dalam membangun transportasi di ibukota. Salah satunya mengenai layanan bus dan rencana besar membuat kawasan bersepeda. Dalam hal ini, sepanjang 62 km di antaranya sudah terbangun. Jakarta saat ini dinilai bergerak menuju tujuan bersama untuk menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif untuk semua.

============================================================
============================================================
============================================================