BOGOR TODAY – Menara atau Tower Telekomunikasi milik PT Bali Towerindo Sentra Tbk setinggi 26 meter yang berdiri tegak di kawasan pemukiman warga RT02, RW01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor diduga tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Tak adanya surat IMB itu pun dibenarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, melalui Kepala Bidang Izin Pemanfaatan Ruang, Naufal Isnaeni.

Baca Juga : Lewat Simotip, Pelanggan Tirta Pakuan Bisa Melaporkan Angka Meter Secara Mandiri 

Ia mengatakan bahwa tower yang berlokasi di Jalan Kapten Yusuf RT02, RW01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor belum mengantongi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

BACA JUGA :  Redakan Batuk Akut dengan 7 Minuman Hangat Ini, Dijamin Ampuh

“Setelah kita cek, tower yang dimaksud belum ada IMB-nya. Baru ada bukti pendaftaran berkas pendaftaran online Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT),” kata Naufal kepada Bogor Today.

Lanjut Naufal, dalam mengurus izin sebuah bangunan tower atau menara itu ada dua tahapan yaitu IPPT dan IMB. “Nah, data yang kita punya baru berkas pendaftaran IPPT, jadi izin IPPT-nya belum terbit, apalagi izin IMB,” lanjutnya.

Bagi Naufal, tower yang sudah berdiri tetapi IMB-nya belum terbit itu sudah bukan hal yang baru, sebab dirinya menilai hal tersebut sudah umum terjadi, bahkan bukan hanya di Kota Bogor saja, mungkin terjadi hampir di seluruh Indonesia. Meski begitu, pihaknya menyayangkan hal tersebut masih terjadi di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Peringati Hari Ginjal Sedunia, Dokter RSUD Leuwiliang Lakukan Penyuluhan Kepada Pengunjung Rumah Sakit

“Padahal kita sudah sosialisasikan kepada pemilik atau penanggung jawab untuk mengurus izin IMB dulu sebelum mendirikan bangunan tower, tapi faktanya kita masih banyak menemukan tower tak berizin. Hal tersebut diketahui saat kita meninjau ke lokasi dan ternyata bangunannya sudah berdiri, sementara IMB-nya masih berproses,” ungkapnya.

============================================================
============================================================
============================================================