BOGOR TODAY – Saat terpapar virus Covid-19, tubuh setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Bahkan, ada yang tanpa gejala. Namun, gejala yang paling umum dialami adalah batuk kering, demam, maupun merasa lemas atau kelelahan. Saat terkena flu biasa pun, tubuh bisa juga mengalami gejala seperti saat terkena corona.

Rasa lemas saat sedang sakit itu merupakan hal yang wajar. Itu artinya tubuh butuh banyak istirahat, mendapat sinar matahari yang cukup, serta butuh asupan nutrisi yang baik.

Saat harus isolasi mandiri di masa pemulihan dari Covid-19, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang menyehatkan. Terutama yang mengandung vitamin untuk membantu tubuh cepat sehat.

Lantas, makanan apa saja yang bisa membantu memulihkan energi? Berikut beberapa makanan yang bisa atasi lemas saat isolasi mandiri :

  1. Chia seeds

Chia seeds atau biji chia bisa bantu atasi lemas. Siapa sangka biji-bijian yang begitu kecil ini mengandung banyak nutrisi baik, seperti protein, lemak, serta serat. Ketiga nutrisi tersebut dapat secara efektif meningkatkan energi pada tubuh. Selain itu, biji chia mampu menyerap air yang banyak saat direndam sebelum dikonsumsi. Sehingga, bisa membantu tubuh mendapatkan cairan yang cukup untuk bantu tambah energi juga.

Baca Juga :  Pabrik Kampas Rem Diamuk Si Jago Merah

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dikenal dapat memulihkan energi. Pisang kaya akan potassium. Selain itu, pisang juga dapat menjadi sumber serat dan gula alami.

  1. Pepaya

Di samping baik untuk pencernaan, ternyata pepaya pun ampuh atasi lemas. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin C, kalium, folat, likopen, asam amino, serta serat.

  1. Gandum utuh

Saat merasa lemas selagi isolasi mandiri, kamu bisa mengonsumsi gandum utuh seperti roti, sereal, dan lain-lain. Gandum utuh dapat memberi tambahan energy sehingga bisa mencegah dan bahkan menghilangkan lemas.

  1. Bayam

Bayam juga sangat baik dikonsumsi secara rutin selagi isolasi mandiri. Sayur satu ini bisa memberikan energi untuk tubuh karena mengandung kalium tinggi. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan campuran sayur lain seperti wortel, brokoli, atau jagung agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Daging merah

Kamu juga bisa mengonsumsi daging merah, namun usahakan yang tanpa lemak. Sebab, jenis daging ini adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging merah tanpa lemak bisa menambah stamina tubuh selagi lemas.

  1. Oatmeal
Baca Juga :  Oknum Anggota Dewan Tutup Akses Tempat Penghafal Al-quran

Oatmeal juga baik untuk atasi lemas. Selain tinggi serat, makanan ini juga mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energy. Bahkan, makanan ini juga baik untuk penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

  1. Ubi

Sama seperti bayam, ubi juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Sehingga, cocok banget dijadikan alternatif camilan maupun makanan sehari-hari. Kamu bisa memilih ubi  sebagai alternative camilan sehari-hari yang menyehatkan dan memulihkan energy.

  1. Tahu

Selain mudah didapat dan relatif murah, ternyata tahu bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Makanan yang dibuat dari kedelai ini mengandung nutrisi seperti zat besi dan magnesium untuk mengurangi rasa lemas.

  1. Telur

Telur kaya akan protein yang bisa memberikan tambahan energi untuk tubuh. Di samping itu, ada pula asam amino leusin yang bisa menstimulasi energi dengan cara membantu sel tubuh mendapatkan lebih banyak gula darah. Sehingga, dapat meningkatkan peleburan lemak untuk menghasilkan energi. (net)