185 Pohon di Kebun Raya Bogor Diperiksa Kesehatannya
185 Pohon di Kebun Raya Bogor Diperiksa Kesehatannya. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR185 dari 3.423 jenis pohon di Kebun Raya Bogor di cek kesehatannya oleh Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pohon tumbang akibat keropos, terutama saat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Bogor dan sekitarnya.

“Hingga triwulan ke tiga tahun 2021 ini sudah 185 pohon yang menjadi koleksi di Kebun Raya Bogor dicek kesehatanya,” kata Koordinator Tim Analis Kesehatan Pohon dan Peneliti di Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Rizmoon Nurul Zulkarnen kepada wartawan, Rabu (6/10/2021)

BACA JUGA :  Kasus DBD Melonjak, Kota Bogor Siap Lakukan Gerakan Jumantik Lebih Masif

Menurut Rizmoon, dalam pemeriksaan kesehatan pohon di Kebun Raya Bogor tersebut, pihaknya menggunakan sejumlah metode visual dengan form khusus untuk menilai kerusakan yang terjadi dimodifikasi dari International Society of Arboriculture (ISA).

Selain menggunakan metode visual, sambung Rizmoon peneliti juga menggunakan alat yang bernama Picus Sonic Tomograph yang merupakan alat untuk mengetahui persentase kelapukan atau keropos yang terjadi pada pohon.

BACA JUGA :  Cara Membuat Sambal Kacang Gorengan yang Pedas dan Gurih

“Berdasaarkan pemeriksaan, perlunya penanganan terhadap pohon di antaranya berupa pemangkasan ranting, pemotongan batang, dan penebangan total (tebang habis) akan tetapi penindakan tersebut sangat dihindari karena ada kepentingan konservasi yang lebih utama,” terangnya.

============================================================
============================================================
============================================================