Namun, diakui oleh Hening bahwa fenomena foto viral Ghozali ini memang mempengaruhi psikologis masyarakat yang saat ini berkaitan dengan kreativitas, inovatif dalam menambah pundi-pundi keuangan dengan cara cepat melalui NFT.

“Di sini terjadi perubahan cepat perilaku pada masyarakat berkaitan dengan cuan, siapa cepat kreatif, dia dapat tidak melihat punya link bisnis atau tidak seperti pada proses bisnis konvensional,” ujar Hening menanggapi fenomena orang-orang beramai jual foto di NFT meniru Ghozali.

Sementara, mengutip dari podcast-nya Deddy Corbuzier, Chef Arnold Poernomo atau yang akrab disapa Chef Arnold, salah satu publik figur yang pernah membeli foto selfie Ghozali Everyday sampai viral tersebut pun kesal dengan kelakuan orang-orang itu.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Pekanbaru, Fortuner Tabrak Tugu Keris, Pengemudi Oknum Polisi

Bahkan, Chef Arnold meluapkan kekesalannya. Arnold menegaskan, karya atau foto NFT yang diunggah di OpenSea tersebut tidak bisa dihapus sama sekali, kecuali dilaporkan, dan itu berbeda dengan unggah foto atau karya di media sosial yang bisa dihapus oleh pemiliknya sendiri

“Untuk kalian yang goblok-goblok ya, upload selfie KTP dan juga lain-lain di OpenSea itu bayar ke sosial media, sosial media itu bisa di delete (hapus), di OpenSea gak bisa di delete,” kata Arnold.

Berbeda dengan foto selfie Ghozali NFT, jika foto yang dijual adalah foto KTP mau pun foto bugil jika dijual kembali di marketplace yang lain, maka itu berbahaya.

BACA JUGA :  Rendang Ayam Kampung, Menu Lezat untuk Santapan Keluarga Tercinta

Sebab, kata Arnold tidak tahu apakah nanti ada kemungkinan bisa disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk hal-hal yang buruk.

Orang-orang yang mengunggah foto-fotonya di NFT itu seharusnya sudah tahu ketentuannya, bahwa jika foto atau karyanya dibeli, maka artinya orang tersebut mengizinkan foto itu dipergunakan dengan bebas oleh pembeli.

Artinya secara tidak langsung sudah mengizinkan adanya perlakuan terhadap foto yang dijual, misalnya KTP dan foto-foto bugil.

“Nah, ini (foto selfie Ghozali) fotonya Ghozali diizinin (oleh Ghozali sendiri) buat dijadiin meme,” tukasnya (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================