Onagadori
Onagadori adalah jenis ayam langka yang dikenal dengan ekornya yang sangat panjang, yang bisa mencapai lebih dari 10 meter. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, JEPANGOnagadori (unggas terhormat’dalam bahasa Jepang) adalah jenis ayam langka yang dikenal dengan ekornya yang sangat panjang, yang bisa mencapai lebih dari 10 meter, bahkan membuat burung merak malu.

Dari tujuh belas ras ayam yang dianggap sebagai harta nasional Jepang, Onagadori adalah satu-satunya yang memiliki status istimewa. Sejak menerima status ini pada tahun 1952, ekspor burung dan telur Onagadori dilarang, jadi ada sangat sedikit spesimen, jika ada, yang ditemukan di luar Jepang saat ini.

Baca Juga :  Ternyata Ini Efek Samping Mandi Terlalu Sering untuk Kesehatan

Onagadori

Melansir odditycentral.com, Senin (7/3/3033) trah ini terkenal dengan non-molting, dan ekor ayam jantan yang sangat panjang, yang, jika dipelihara dalam kondisi terbaik dengan peternakan tingkat tinggi, dapat tumbuh seumur hidup burung.

Sejarah unggas ekor panjang dapat ditelusuri kembali ribuan tahun, tetapi jenis Onagadori diyakini telah diciptakan pada abad ketujuh belas, di Provinsi Tosa Jepang, di pulau Shinkoku. Warisan pastinya tidak diketahui, tetapi para ahli percaya bahwa itu berasal dari keturunan ekor panjang lainnya seperti Shokoku, Totenko dan mungkin Minohiki.

Baca Juga :  Jawa Barat Jadi Pemilik Tetap Piala Presiden Porwanas XIII

Ayam jantan Onagadori berutang ekor mereka yang megah ke mutasi gen ‘nm’ (non-molting), yang memungkinkan mereka untuk menjaga bulu ekor mereka selamanya, tetapi juga untuk gen “gt” dan “sg” yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat dari bulu yang sama.