Kurma
Ilustrasi kurma.

BOGOR-TODAY.COMKurma menjadi salah satu hidangan Ramadan. Rasa manis dan nutrisinya yang tinggi membuat kurma menjadi hidangan ideal buat umat muslim mengembalikan energi saat berbuka puasa.

Meski yang manapun bisa diperuntukkan sebagai hidangan pembuka, karenanya kurma memiliki banyak jenis. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki harga yang bisa terbilang mahal.

Melansir situs Kemenag Palembang, Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA), Minggu (17/4/2022)  kurma dengan harga tinggi dapat dinilai dari jenis, bentuk, dan ukuran serta tingkat kelangkaannya.

BACA JUGA :  Cilacap Jateng Diguncang Gempa M4,9 Senin Pagi

Berikut 5 jenis kurma termahal beserta keistimewaannya.

1. Barhi

Bila umumnya berwarna coklat, kurma barhi justru kuning cerah. Bentuknya pun bundar, sekilas menyerupai melinjo kuning. Mengenai teksturnya, kurma barhi cenderung renyah dan manis bak karamel. Harga per kg bisa mencapai 50 riyal atau Rp191 ribu.

Keistimewaan dari kurma barhi, meski dibudidayakan di Arab Saudi, varietasnya yang terbaik justru berada di Basra, Irak. Seperti pada umumnya, kurma barhi mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan antioksidan.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 24 April 2024

2. Medjool

Bukan tanpa alasan kurma medjool dikenal sebagai ‘Ratu Kurma’. Ukurannya yang besar, rasa manis, serta tekstur lembut menjadi ciri-cirinya. Kurma satu ini merupakan salah satu varian paling populer di Timur Tengah.

Keistimewaan kurma medjool adalah kerap dijadikan bagian dari diet sehat karena kandungan kalsium dan zat besinya yang tinggi. Meski demikian, kurma ini tak disarankan untuk pengidap diabetes. Harganya mencapai 70 riyal per kg, sekitar Rp268 ribu.

============================================================
============================================================
============================================================