Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Bahan-bahan tersebut cenderung aman dan baik untuk merawat kulit sensitif.

  1. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan kulit semakin sensitif dan mengalami iritasi.

Bila Anda harus beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, gunakan sunscreen khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, kenakan pakaian yang menutupi seluruh permukaan tubuh, topi lebar, dan kacamata hitam.

  1. Pilih produk perawatan yang ramah di kulit

Usahakan untuk menggunakan produk yang minim bahan kimia atau memiliki formulasi yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari menggunakan toner, astringen, dan produk perawatan kulit wajah yang mengandung alkohol, asam glikolik, dan pewangi.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Nasi Goreng Jamur yang Lezat dan Bikin Nagih

Lebih baik pilihlah produk dengan bahan dasar alami, seperti lidah buaya, chamomile, atau teh hijau. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi penggunaan eksfoliator atau scrub wajah karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Batasi waktu mandi

Pemilik kulit sensitif dan cenderung kering disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hindari pula mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kering. Mandilah dengan air biasa atau air yang sedikit hangat untuk merawat kulit sensitif.

  1. Jalani pola hidup sehat
BACA JUGA :  Profil Maarten Paes, Kiper FC Dallas jadi Pemain Naturalisasi Berdarah Kediri

Selain kelima cara di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta cukup minum air putih.

Untuk merawat kulit sensitif, Anda juga perlu menghindari stres dan paparan polusi, misalnya asap rokok, karena kedua hal tersebut bisa menyebabkan kulit mudah iritasi dan tampak kusam.

Itu dia tadi cara merawat kulit wajah yang sensitif, semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang sensitif. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================