200 anak yatim
Gabungan majelis taklim di wilayah Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor memberikan santunan kepada sekitar 200 anak yatim. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR– Bagi masyarakat muslim, Muharram termasuk salah satu momentum mulia karena menjadi bulan pembuka tahun baru Islam. Di bulan Muharram juga, tradisi menyantuni anak yatim pada tanggal 10 Muharram dilakukan sejak lama oleh ummat Islam dan para ulama. Karenanya, momen Muharram juga dikenal sebagai lebaran anak yatim.

Untuk merawat tradisi di hari Asyura itu, gabungan majelis taklim di wilayah Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor memberikan santunan kepada sekitar 200 anak yatim.

Bertema “Kepedulian Kita, Kebahagiaan Mereka”, acara berlangsung di Masjid Nurul Huda, Kampung Sukamanah, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari Bogor pada Senin (8/8/2022).

Baca Juga :  Ini Dia Kebiasaan Sederhana Agar Aging Gracefully, Simak Ini

Ketua penyelenggara acara untuk wilayah Masjid Nurul Huda, Harun memaparkan santunan yang dibarengi dengan doa bersama dan tausiyah ini, merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang warga di sekitar desa Tamansari terhadap anak yatim.

“Tradisi ini dilakukan setiap tahun di masjid-masjid wilayah desa Tamansari. Alhamdulillah tahun ini, Masjid Nurul Huda ditunjuk sebagai tuan rumah dan diberikan kesempatan menggelar acara dengan dukungan seluruh warga sekitar dan kerjasama seluruh panitia,” terang Harun.

Atas nama penyelenggara dan majelis taklim di desa Tamansari, Harun mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan semua pihak sehingga acara dapat berlangsung dengan baik.

Ditambahkan wakil ketua panitia wilayah Masjid Nurul Huda, Antari menyebut selain dari gabungan majelis taklim di desa Tamansari, warga juga turut antusias memberikan santunan dalam gelaran acara tahunan ini.

Baca Juga :  Pelataran Bantu Warga Urus Sertifikat di Hari Libur

Dari warga sekitar di wilayah RW 2 saja, terkumpul biaya sebesar Rp 5 juta untuk mendukung penyelenggaraan acara yang diberi nama “Hijrah & Taqwa” ini.

Sementara dari majelis taklim se Desa Tamansari terhimpun dana sebesar Rp 35.887.000 rupiah yang diperuntukan bagi santunan dan dukungan fasilitasi acara.

“Kami menyampaikan rasa bahagia, karena dalam kondisi kesulitan ekonomi, warga masih antusias memberikan santunan,” terang Ari, begitu ia disapa.