Telkom University
mahasiswa Telkom University (Tel-U) tewas tenggelam di Danau Tekno seusai melaksanakan sidang akhir pada Kamis, (11/8/2022). Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BANDUNG – Salah seorang mahasiswa Telkom University (Tel-U) tewas tenggelam di Danau Tekno seusai melaksanakan sidang akhir pada Kamis, (11/8/2022). Kejadian tersebut terjadi usai korban merayakan sidang.

Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis Tel-U Anisah Firli mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pukul 18.00 WIB selepas aktivitas akademik berlangsung.

“Jadi ada salah satu mahasiswa yang mencebur ke danau, kemudian ada rekan lainnya yang berusaha menolong. Kemudian yang menolong ini lah ternyata kemudian tidak terselamatkan nyawanya,” katanya ditemui di Kampus Tel-U, Senin (15/8/2022).

Anisah menampik, jika tewasnya salah satu mahasiswa tersebut akibat merayakan sidang. Menurutnya, Danau Tekno memang menjadi pusat aktivitas dari mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa menunggu dekat danau selepas menjalankan proses akademik atau menunggu dosen untuk bimbingan. Kendati begitu, kata dia, rentang waktu korban tewas terdapat jadwal sidang. Pasalnya, saat ini perkuliahan semester genap sudah usai.

Baca Juga :  Pelaku Pengeroyokan dan Curanmor di Palembang Berhasil Ditangkap Polisi

Sehingga, mahasiswa yang datang ke kampus saat masa tenang, merupakan mahasiswa yang berkaitan dengan akademik, salah satunya sidang. ”

Aktivitas di danau itu variatif, sebetulnya tidak merayakan yah, karena di kami tidak ada prosesi perayaan seperti itu. Cuma memang aktivitas akademik yang berdekatan dengan proses itu, ada prosesi sidang dan kegiatan bertemu dengan dosen,” terangnya.

Anisah mengatakan, korban merupakan mahasiswa jenjang D3 jurusan Teknik Telekomunikasi, Fakultas Ilmu Terapan. Saat kejadian, kata dia, ada sekitar lima mahasiswa yang berada di lokasi. Saat itu, salah seorang mahasiswa lebih dulu melompat ke danau. Akibat tidak bisa berenang, korban bersama yang lainnya berupaya untuk menolong.

Baca Juga :  Gagal Beredar di Sumsel, 5 Kilogram Sabu Dalam Kotak Pempek Berhasil Diamankan

Namun, nahas korban yang berniat menolong malah tenggelam di Danau Tekno.

“Korban itu memiliki akademis yang baik, berprestasi, aktif di himpunan, jiwa sosialnya tinggi, saat kejadian juga niatnya menolong. Keluarganya serta kami juga sangat kehilangan,” kata dia.

Menurutnya, baru kali ini ada kejadian mahasiswa yang mencoba berenang di Danau Tekno. Sebelumnya tak ada yang berani, lantaran Danau Tekno memiliki kedalaman 2-3 meter. “Jadi murni menolong rekannya yang kesulitan untuk naik ke pinggir danau. Tidak ada ya, insiden korban sengaja dilemparkan ke Danau,” kata Anisah.