BOGOR-TODAY.COM – Semua wanita ingin tampil cantik. Tak jarang mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan standar kecantikannya sendiri. Salah satunya yang dilakukan oleh para wanita suku Mentawai, di Sumatera Barat.

Simbol kecantikan wanita suku Mentawai adalah melakukan kerik gigi agar telihat cantik di mata suaminya. Oleh karena itu, kerik gigi ini hanya dilakukan oleh para wanita dewasa yang akan segera menikah. Selain simbol kecantikan, juga sebagai kedamaian jiwa untuk wanita tersebut.

BACA JUGA :  Turunkan Berat Badan ala Perempuan Jepang dengan 5 Kebiasaan Ini

Berkaitan dengan jiwa, suku Mentawai di zaman dulu meyakini segala sesuatunya memiliki roh dan jiwa, mereka menganut animisme atau sabulungan.

Jadi, bila para wanita suku Mentawai tidak puas dengan penampilan fisiknya, dipercaya mereka akan terkena penyakit dan ditarik ke dunia lain.

Dari kepercayaan tersebut, munculah ketiga tradisi sekaligus standar kecantikan, yang harus dilakukan para wanita suku Mentawai. Ketiganya adalah memiliki telinga yang panjang, menghias tubuh dengan tato, dan memiliki gigi yang runcing.

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Nasi Goreng Cumi ala Thai yang Gurih dan Sedap Bikin Nagih

Dalam prosesnya tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, biasanya ketua adat yang akan melakukan pengerikan gigi menggunakan besi atau kayu yang sudah ditajamkan. Satu persatu gigi diruncingkan tanpa adanya istirahat bahkan pembiusan.

============================================================
============================================================
============================================================