BOGOR-TODAY.COM – Air susu ibu atau air susu atau asi adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi.

Banyak faktor yang membuat produksi ASI jadi berkurang. Mulai dari konsumsi obat-obatan tertentu hingga gangguan hormon. Ibu membutuhkan asupan lain yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menang Tipis 0-1 Lawan Australia

Berikut asupan makanan yang perlu ibu menyusui konsumsi.

Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti selada, kangkung, bayam, dan brokoli kaya akan nutrisi, terutama kalsium. Sayuran ini juga mengandung fitoestrogen yang memberikan dampak positif terhadap produksi ASI.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh sangat bergizi untuk ibu menyusui. Makanan ini disebut mampu mendukung hormon yang bertanggung jawab dalam produksi ASI.

BACA JUGA :  Cilacap Jateng Diguncang Gempa M4,9 Senin Pagi

Anda bisa rutin mengonsumsi oatmeal sebagai ASI booster alami. Anda juga bisa mencoba beras merah, kue gandum, atau makanan lain yang terbuat dari biji-bijian utuh.

  1. Biji adas

 

Biji adasMakanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah biji adas. Selain menambahkan rasa, adas juga bisa membantu ibu memproduksi lebih banyak ASI akibat kandungan estrogen-nya.

  1. Almond

Almond

============================================================
============================================================
============================================================