Inilah Makanan Tinggi Kalsium yang Bisa Kamu Konsumsi

BOGOR-TODAY.COM Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Kalsium bisa didapat dari beberapa jenis makanan, seperti susu dan produk olahannya, sayuran hijau, sarden, serta salmon. Hal itu dilansir dari aladokter.

Bagi kebanyakan orang dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari, meskipun kelompok tertentu membutuhkan jumlah yang lebih tinggi, termasuk remaja, wanita pascamenopause, dan orang dewasa.

Berikut makanan tinggi kalsium yang bisa anda konsumsi.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau sangat sehat, dan banyak di antaranya yang tinggi kalsium, termasuk collard greens, bayam, dan kangkung.

Misalnya, 1 cangkir (190 gram) sawi hijau yang dimasak memiliki 268 mg kalsium, atau sekitar 21% dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari. Perhatikan bahwa beberapa varietas, seperti bayam, kaya akan oksalat, yang merupakan senyawa alami yang mengikat kalsium dan mengganggu penyerapannya

BACA JUGA :  Mulai Hari Ini, Hery Antasari Resmi Jadi Pj Wali Kota Bogor

Oleh karena itu, meskipun bayam kaya akan kalsium, bayam tidak diserap sebaik sayuran kaya kalsium lainnya yang rendah oksalat, seperti kangkung dan sawi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung tinggi serat, protein, dan zat gizi mikro, termasuk zat besi, seng, folat, magnesium, dan kalium.

Beberapa varietas juga memiliki jumlah kalsium yang cukup, termasuk kecipir, yang memasok 244 mg, atau 19 persen, dalam satu cangkir matang (172 gram).

Kacang putih juga merupakan sumber yang baik, dengan 1 cangkir (179 gram) kacang putih matang menyediakan 12 persen kebutuhan harian. Varietas kacang dan lentil lainnya memiliki lebih sedikit, berkisar antara 3-4 persen dari kebutuhan harian per cangkir (175 gram).

BACA JUGA :  Bandar Sabu di Bogor Berhasil Ditangkap, Polisi Temukan Barbuk 57,78 gram

Dari semua kacang-kacangan, almond termasuk yang tertinggi kalsium.Hanya 1 ons (28 gram) almond, atau sekitar 23 kacang, memberikan 6 persen kebutuhan harian.

  1. Ubi

Satu ubi jalar besar mengandung 68 mg kalsium. Sayuran ini juga kaya akan potasium serta vitamin A dan C. Ubi jalar secara alami rendah lemak dan kalori. Mereka populer sebagai lauk di beberapa bagian dunia.

  1. Susu kedelai

Mengutip Medical News Today, secangkir susu kedelai yang diperkaya mengandung jumlah kalsium yang hampir sama dengan susu sapi.

============================================================
============================================================
============================================================