Capaian pajak daerah Kota
Sekretaris Bapenda Kota Bogor, Lia Kania Dewi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR Capaian pajak daerah Kota Bogor tercatat masih 80 persen. Hal itu membuat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor terus mengejar target pencapaian pajak daerah tahun 2022 hingga bulan Oktober 2022 mencapai 80,7 persen atau sebesar Rp 774,1 miliar.

Sekretaris Bapenda Kota Bogor, Lia Kania Dewi mengungkapkan, perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada tahun ini sudah ditetapkan, artinya ia melihat perjalanan selama 10 bulan dan tinggal sisa 2 bulan untuk mencapai target di tahun 2022.

“Harapan kami bersama, semoga selama 2 bulan ini dapat mencapai atas target yang sudah ditetapkan dalam APBD perubahan,” ungkap Lia, Senin (31/10/2022).

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

Sampai saat ini, kata Lia, bisa dilihat di dashboard pajak daerah. Pencapaian BPHTB tahun 2022 sebesar Rp161 miliar atau 68 persen, PBB Rp149 miliar atau 95,2 persen, Pajak Restoran Rp141 miliar atau 80,85 persen, Pajak Hotel Rp76 miliar atau 82,89 persen, Pajak Hiburan Rp16 miliar, Pajak Parkir Rp9 miliar, Pajak Reklame Rp9,4 miliar, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Rp43 miliar atau 75,47 persen, Pajak Air Tanah Rp2,8 miliar atau 88,51 persen.

“Total pencapaian sampai saat ini di angka 80,7 persen. Semoga bisa tercapai dalam kontek 2 bulan ini, walaupun BPHTB memang cukup berat masih di angka 68 persen,” tuturnya.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang yang Sederhana dengan Telur Puyuh Balado Bumbunya Meresap

Lia berharap, pihaknya transaksi untuk perumahan-perumahan, pelepasan hak dan pendaftaran baru bisa lebih optimal di masyarakat ada transaksi jual beli untuk BPHTB.

“Kan enggak bisa dipaksa juga mereka. Karena memang diluar kendali kami yang jual beli ataupun pelepasan hak atau pendaftaran hak ke BBN. BPHTB ini yang harus kami genjot bersama termasuk dengan PBB,” jelasnya.

============================================================
============================================================
============================================================