Plus Minus Motor Listrik
Ilustrasi: Motor listrik Viar Q1 pada pameran otomotif GIIAS 2019. (Dok. GIIAS)

BOGOR-TODAY.COM – Motor listrik muncul usai harga bahan bakar minyak (BBM) mengalami kenaikan. Seperti diketaui motor listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai motor penggerak mesin.

Melansir beberapa sumber, berikut plus minus motor listrik yang wajib diketahui :

Kelebihan motor listrik

  1. Mengurangi emisi

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (2/9/2022), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Taslim mengatakan bahwa ada sejumlah keunggulan atau manfaat dari penggunaan motor listrik. Salah satunya mengurangi emisi.

Baca Juga :  Resep Membuat Sus Ragout, Enak bikin Ketagihan

Emisi pada kendaraan bermotor atau berbahan bakar minyak menghasilkan emisi yang cukup besar dan berpengaruh pada kualitas udara. Sementara, motor listrik tidak menghasilkan emisi gas, karena menggunakan energi dari baterai.

plus minus motor listrik

  1. Hemat tanpa BBM

Lantaran motor listrik memperoleh tenaga dari baterai, maka penggunaannya bisa menghemat BBM sekaligus mengurangi impor BBM. Arifin menjelaskan, jika dihitung 1 liter BBM per sepeda motor yang digunakan dalam sehari, maka bisa membutuhkan 800.000 barel minyak.

Baca Juga :  Resep Masakan Ikan Kukus

“Jadi kalau harga minyak sekarang USD 100 per barel maka kita sudah membakar USD 80 juta atau setara Rp 1,2 trilun uang yang kita bakar untuk bahan bakar,” ujar Arifin.

Apalagi selama ini Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN) banyak yang dialirkan untuk subsidi BBM. Dengan adanya motor listrik, maka penggunaan APBN bisa dialihkan untuk kebutuhan bus listrik, mobil listrik, dan kendaraan listrik lainnya.