3Melatih kekuatan otot dan tulang

Melatih kekuatan berarti tidak harus mengangkat beban yang berat. Sebagai gantinya, anak-anak dapat melakukan aktivitas fisik lainnya seperti sepakbola untuk mengencangkan dan memperkuat otot.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, menunjukkan bahwa bermain sepakbola secara teratur dapat meningkatkan massa tulang dan kepadatan tulang.

Bahkan tidak hanya itu, aktivitas fisik yang hampir disukai kebanyakan anak ini bisa memicu peningkatan yang signifikan dalam keseimbangan postur berdiri sekaligus memperkuat otot.

Meski sepakbola rentan dengan benturan dan memar, tapi kekuatan otot yang telah terbentuk dari aktivitas ini akan membantu mengurangi risiko yang lebih serius seperti patah tulang.

BACA JUGA :  Pemkot dan PN Bogor Kelas IA Perkuat Kelembagaan

2Mengurangi stres

Ya, terlepas dari apa pun hasilnya, baik menang atau kalah di lapangan, bermain sepak bola dapat meningkatkan mood sebagian besar anak-anak.

Hal ini terjadi berkat endorfin atau zat kimia yang berkaitan dengan suasana hati yang dilepaskan dari otak saat seseorang aktif secara fisik.

Endorfin tidak hanya meningkatkan suasana hati anak Anda, tetapi juga dapat membuat suasana hati si Kecil lebih rileks setelah mereka turun dari lapangan.

Bahkan, bermain soccer atau aktivitas fisik lainnya dalam jangka panjang sebenarnya dapat membantu mengurangi kecemasan dan stress pada anak Anda.

BACA JUGA :  Usai Pulang Mengaji, 4 Anak Tertimpa Tembok Roboh di Purwokerto, 1 Orang Tewas

1Menurunkan risiko terkena penyakit

Dalam situs Kemenkes RI, dijelaskan bila aktivitas fisik anak yang tidak cukup dapat meningkatkan risiko si Kecil terkena sejumlah penyakit.

Dalam hal ini, bermain sepak bola menjadi salah satu aktivitas yang baik dilakukan oleh anak.

Adapun manfaat bermain sepakbola, yakni dapat menurunkan risiko anak untuk terkena diabetes tipe 2 dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, anak-anak dan remaja yang memiliki aktivitas fisik yang cukup cenderung akan terhindar terkena tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua