BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor membuka seluas-luasnya program Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi pelajar dan mahasiswa, akan tetapi harus ada yang dihasilkan oleh peserta PKL untuk perusahaan pelat merah nomor satu di Kota Bogor itu.

Sehingga hasil dari PKL ini sangat bermanfaat baik bagi peserta maupun Tirta Pakuan Kota Bogor.

Direktur Umum (Dirum) Tirta Pakuan Kota Bogor, H. Rivelino Rizky memaparkan, untuk program PKL, peserta harus ada masukan untuk Tirta Pakuan Kota Bogor. Karena biasanya PKL hanya datang mengurusi perbantuan foto copy dan segala macam administrasi.

“Tapi saya berbicara ke bagian sdm tirta pakuan, agar menyampaikan ke guru atau dosen pembimbing, dimana yang magang ini harus ada persyaratan yang dilalui setelah PKL. Apalagi dari jurusan multimedia atau desain grafis harus ada produknya,” terang Rivelino kepada wartawan, Rabu 14 Desember 2022.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sup Kimlo Kulit Tahu untuk Menu Makan Malam yang Lezat dan Segar

Rivelino menjelaskan, nanti dalam pelaporannya ada yang nilai tambahnya, bisa disebutkan saat PKL itu hasilnya berkontribusi apa ke Tirta Pakuan Kota Bogor. Mereka juga bisa menjadi referensi untuk mereka bekerja nantinya.

“Meski saat ini belum ada sertifikat, tapi ada surat keterangan dari Dirut tirta pakuan setelah mengikuti PKL ada kontribusi yang dihasilkan dan bermanfaat bagi tirta pakuan kota bogor serta masyarakat,” jelasnya.

“Nanti mungkin pelajaran ataupun mahasiswa bisa buat aplikasi apa, atau kedepannya ada sertifikat yang diberikan. Saat ini banyak yang mendaftar PKL, kepada pihak kampus atau guru-gurunya saya bicara kasihan anak-anak hanya disuruh foto copy dan membantu hal administrasi atau membawa surat. Tapi harus ada yang diperbuatnya, sehingga mengenal lebih awal dunia kerja,” tambah Rivelino.

BACA JUGA :  Semangati Garuda Muda, Pj. Bupati Bogor Bersama Ribuan Warga Nobar Semi Final AFC di Plaza Selatan Stadion Pakansari

Rivelino membeberkan, jadi apa yang harus diperbuat saat bekerja sudah pernah dialami saat PKL. Jadi nanti saat akan membuat sesuatu inovasi bagi Tirta Pakuan mereka akan meminta data, jumlah pelanggan, produksi dan lainnya.

“Kalau skripsinya soal tirta pakuan boleh juga karena ada masukan untuk kami. Kalau hasilnya aplikasi, kami bisa menambah aplikasi kami. Jadi ada take and give, jangan sampai penuh yang PKL tapi hasilnya apa?. Maka itu kami seleksi untuk yang PKL ini,” pungkasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================