Ternyata Ini Lho, Manfaat Shalat Tarawih Untuk Kesehatan

tarawih

BOGOR-TODAY.COM –  Manfaat shalat tarawih dan puasa pada Bulan Ramadan 1444 H tidak bisa dipisahkan, karena saling berkaitan satu sama lainnya. Seiring dengan manfaat puasa Ramadhan yang telah dikenal, ada juga manfaat shalat tarawih untuk kesehatan.

Ternyata keduanya sangat mendukung untuk kesehatan saluran pencernaan, disaat umat muslimin melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1444 H, pola makan dan kerja pencernaan pun berubah.

Frekuensi makan yang berkurang saat puasa dan waktu makan yang bergeser selama bulan Ramadan 1444 H, akan mempengaruhi kinerja saluran pencernaan.

Di satu sisi, saluran pencernaan mendapatkan waktu istirahat dari pekerjaan rutinnya mengolah makanan di siang hari.

Di sisi lain, sebagai saluran yang mengolah makanan dan mengeluarkan zat-zat sisa, istirahatnya pencernaan berpengaruh terhadap proses pembuangan sampah di dalamnya.

Apabila proses pembuangan isi saluran cerna berlangsung dengan lancar, tubuh akan sehat. Sebaliknya apabila pengeluaran zat-zat sisa makanan dari dalam tubuh terganggu, maka berbagai resiko akan muncul.

BACA JUGA :  Tokoh Wartawan Sebut, Empat Bakal Calon Akan Berebut Kursi Ketua PWI Kabupaten Bogor

Namun, dengan puasa dan melaksanakan tarawih secara rutin di Bulan Ramadan 1444 H ini, keseimbangan yang menyehatkan saluran pencernaan dapat dicapai.

Susah buang air besar (BAB), ketidakteraturan BAB, dan bermacam-macam gangguan pencernaan saat ini lazim terjadi pada masyarakat saat menjalankan ibadah puasa.

Apalagi bagi mereka yang memiliki pola hidup sedikit gerak dan pola makan tidak sehat, kerja pembuangan dari saluran pencernaan kerap terganggu.

Minimnya konsumsi makanan berserat dan minum air yang tidak cukup dapat memperparah gangguan pada usus besar. Padahal usus besar inilah yang bertanggungjawab dalam proses pengeluaran sisa makanan.

Apabila dilaksanakan dengan rutin, shalat sunah tarawih selama bulan Ramadan 1444 H ini, sangat membantu kinerja usus besar. Uniknya, manfaat shalat tarawih ini telah disabdakan oleh Nabi Muhammad saw dan dapat dijelaskan dari aspek kesehatan.

BACA JUGA :  Surat Tugas Digenggaman, Jaro Ade dan Rudy Susmanto Mulai Berburu Pendamping

Al-Hafiz Adz-Dzahabi menafsirkan dan menjelaskan sebuah hadits dalam kitab Thibbun Nabawi sebagai berikut:

وقد تقدم قوله عليه الصلاة والسلام: أَذِيبُوا طَعَامَكُمْ بِالذِّكْرِوَالْكَلَامِ عَلَيْهِ. وهذا أحد اللأسباب في سنّ صلاة التراويح، ففي الصلاة خير الدنيا والآخرة بما نازل القوة من تجليات باريها وخالقها، فعند ذلك تدفع ما عندها من الأمراض والأسقام البدنية وينكشف لهاأخلاق النفس الدنية فتتشمر لتكميلها وتركيبها

Artinya, “Kami telah mengutip hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Cernalah makananmu dengan menyebut nama Allah dan dengan pembicaraan tentang-Nya.”

Ini adalah salah satu alasan mengapa shalat tarawih itu sesuatu yang disunahkan. Jadi, dari shalatlah sesuatu yang terbaik di dunia dan di akhirat itu diturunkan.

======================================
======================================
======================================