pencemaran sungai Cileungsi
Apel gabungan untuk penindakan pelaku pencemaran sungai Cileungsi. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menerjunkan tim gabungan untuk menindak para pelaku pencemaran sungai Cileungsi. Hingga saat ini, polemik pencemaran sungai Cileungsi masih juga belum diselesaikan persoalannya.

“Hari ini ada penindakan, ini sebenarnya sudah melalui proses panjang. Tapi kita juga harus seimbang, bagaimana di dalam penindakan terhadap pencemaran air Sungai Cileungsi itu harus konkret,” kata Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Rabu (18/10/2023).

Ia mengaku, telah menyetujui penindakan yang akan dilakukan oleh tim gabungan untuk menuntaskan dugaan pabrik-pabrik nakal yang masih membuang limbahnya di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Cileungsi.

BACA JUGA :  Kebakaran Hebat Hanguskan Toko Mainan di Pasar Raya Padang

“Makanya tadi saya sudah tanda tangani gelar pasukan untuk penindakan hari ini,” jelas dia.

Iwan juga meminta, agar tim gabungan terus berjaga di sekitar lokasi untuk mengetahui kebenaran pelaku-pelaku pembuang limbah yang disebutkan terjadi pada malam hari.

“Kami meminta kepada tim satgas yang tadi diapelkan, malam hari juga harus turun, benar nggak ini ada pembuangan limbah di malam hari. Ini sudah berjalan dari kemarin, mungkin laporannya belum,” tandas Iwan.

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Putri Juara Runner Up Piala Uber 2024

Sementara, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji mengatakan, jajaran yang memantau di lokasi tersebut tidak bisa melakukan penjagaan secara terus-menerus dikarenakan keterbatasan anggaran.

============================================================
============================================================
============================================================