PEMIMPIN YANG SEDERHANA AKAN MENGHEMAT ANGGARAN APBD DAN APBN

OPINI WISUDA
Heru B Setyawan Penulis Opini Berjudul “Pemimpin Yang Sederhana Akan Menghemat Anggaran Apbd Dan Apbn”. (FOTO : IST)

Oleh : Heru B Setyawan (Pengurus ICMI Orsal Tanah Sareal)

PEMIMPIN itu seharusnya menjadi pelayan rakyat. Karena pemimpin itu yang memilih adalah rakyat, tidak akan jadi pemimpin jika tidak dipilih oleh rakyat.

Tapi kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari, pemimpinlah yang dilayani oleh rakyat. Bahkan pemimpin jaman sekarang di Indonesia mirip seperti raja.

Pemimpin dihormati dan diberi fasilitas yang luar biasa. Setingkat walikota Bogor saja dapat fasilitas perumahan dinas dengan segala kelengkapannya, seperti satpam, juru masak, asisten rumah tangga.

BACA JUGA :  Bakwan Jagung Udang, Menu Makan Sederhana yang Praktis

Dapat juga mobil dinas mewah toyota camry, toyota fortuner, sopir, bensin, ajudan, uang operasional, gaji, tunjangan, pendapatan keuntungan pajak dan lain-lainnya.

Itu baru walikota, belum pejabat setingkat ekselon 2 dan 1 atau lembaga pemerintah yang lain. Apalagi gubernur, wakil menteri, menteri, wakil presiden dan presiden pasti lebih hebat lagi fasilitasnya.

BACA JUGA :  Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Memang penulis paham pekerjaan pemimpin itu berat dan 24 jam melayani rakyat. Maka wajar jika dapat fasilitas seperti itu. Tapi hal ini bisa dihemat atau dikurangi fasilitas tersebut.

Sehingga dananya bisa dialihkan untuk hal yang lain. Pemimpin diajak untuk lebih sederhana dan prihatin. Dan hal ini bisa menghemat anggaran APBD/APBN.

============================================================
============================================================
============================================================