Masuk Musim Penghujan, Presiden Jokowi Tanam Pohon Serentak

BOGOR-TODAY.COM – Memasuki cuaca ekstrem akhir – akhir ini, masyarakat diserukan untuk bersama – sama menanam pohon di wilayahnya masing – masing. Hal itu tergaung saat tanam pohon bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang dilakukan secara virtual, pada Rabu (29/11/2023) pagi.

Di Alun – Alun Kota Bogor, penanaman dipimpin langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol dan diikuti unsur Muspida serta kepala OPD.

“Bogor ini kadang – kadang kami menghadapi situasi yang unik, terutama iklim. Kadang – kadang landai, tapi tiba – tiba curah hujan diatas 130 milimeter per hari. Jadi penting kita antisipasi dengan kegiatan ini,” kata Dedie Rachim.

BACA JUGA :  Pentingnya Patologi Anatomik, Ini Jadwal Dokternya di RSUD Leuwiliang

Selain itu, penanaman pohon ini juga sebagai penyeimbang dari perubahan polutan di Kota Bogor. Bahwasanya, akibat perkembangan zaman yang cukup meningkat, tingkat kondisi udara semakin tak baik.

“Selama kita belum bisa mengkonversikan batu bara, satu – satunya cara kita adalah menanam pohon. Ini menandakan kita harus terus meningkatkan kepedulian supaya alam dan lingkungan kita tetap lestari, lebih nyaman untuk generasi muda kita ke depan,” urainya menambahkan.

Dedie Rachim mengajak terus Kementerian LHK untuk tidak putus menanam pohon di Kota Bogor. Ia mengakui bahwa di Kota Bogor masih banyak wilayah pemukiman yang berdekatan dengan tebingan – tebingan tinggi.

BACA JUGA :  Gelar Paripurna Pembahasan LKPJ Wali Kota Bogor 2023, DPRD Sampaikan Terdapat 38 Rekomendasi Untuk Pemkot Bogor

“Jadi paling tidak ada beberapa bagian yang kosong dan kemudian bisa dibantu KLHK untuk pohonnya. Kita Pemerintah Kota Bogor siap untuk melaksanakan penanaman pohon lebih masif lagi,” katanya.

Di tempat yang sama, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol mengatakan bahwa kementerian akan siap untuk memfasilitasi segala upaya Kota Bogor tentang upaya pencegahan bencana dan pengendalian iklim.

“Kita harus teruskan ini. Kita tempatkan Kota Bogor sebagai kontributor untuk penanganan climate (iklim) ini dan global warming juga dampaknya sudah kita rasakan bersama. Penanaman pohon ini juga merupakan komitmen kita terhadap dunia internasional,” kata Hanif.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================