Wujudkan Kota Bogor Bebas HIV AIDS 2030, Pemkot Gelar Deklarasi dan Sosialisasi

Peringatan Hari AIDS Sedunia di Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Komisi Pengendalian AIDS (KPA) Kota Bogor bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar peringatan Hari HIV AIDS Sedunia di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jumat (1/12/2023).

Pada peringatan hari AIDS ini, Kota Bogor melakukan deklarasi bersama Pentahelix yang terdiri dari Pemerintah, Pelaku Bisnis, Akademis, Masyarakat dan Media Massa sebagai bentuk meneguhkan komitmen untuk berkolaborasi memberantas HIV AIDS dalam mewujudkan Kota Bogor Bebas AIDS 2030.

Usai deklarasi acara dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi kepada siswa SMP yang dilakukan secara hybrid (daring dan luring) terkait bahaya HIV AIDS.

BACA JUGA :  16 Cabang dari Kota Bogor Jadi Finalis di MTQ ke-58 Tingkat Provinsi

“Deklarasi dari Pentahelix ini bentuk komitmen untuk mewujudkan bebas AIDS di 2030,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Sekda mengatakan, sampai November 2023 ini tercatat ada tujuh ribu penderita HIV/AIDS. 80 persen penderita ini berada di usia produktif sekitar 17-49 tahun. Seluruh penderita HIV AIDS ini harus diobati agar usia harapan hidupnya panjang. Saat ini sudah ada 25 puskesmas dan tujuh rumah sakit di Kota Bogor yang bisa melakukan pengobatan HIV AIDS.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 4 Mei 2024

“Kami juga berupaya menekan angka HIV AIDS dengan kegiatan preventif dan promotif. Sosialisasi hari ini pun ingin memberikan penjelasan ke siswa tentang HIV AIDS dan penularannya. Mudah-mudahan upaya sosialisasi atau promotif ini bisa dilakukan terus-menerus,” harapnya.

============================================================
============================================================
============================================================