Rudy Susmanto
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Mutia/Bogor-Today.com)

BOGOR-TODAY.COM –  Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menanggapi banyaknya Kepala Desa (Kades) di Bumi Tegar Beriman yang terjerat kasus hukum.

Menurutnya, para kades yang saat ini sedang menjalankan proses hukum bukanlah sepenuhnya salah mereka. Melainkan, kurangnya pengawasan dari inspektorat dalam mendampingi para kades.

“Masih banyak beberapa kepala desa yang sedang berproses. Pertama jangan salahkan kepala desa, kita punya inspektorat sebetulnya,” ujar Rudy, Selasa (5/12/2023).

BACA JUGA :  Roberto Callieri Jadi Komisaris Utama Hasil RUPST, Indocement Bakal Bagikan Dividen Rp308 Miliar

Seharusnya, kata dia Inspektorat bisa memberikan pendampingan kepada para Kades yang belum memahami secara rinci segala administrasi yang ada.

“Inspektorat tugasnya bukan untuk memukul, tetapi untuk mendampingi kepala desa yang membutuhkan pendampingan secara administratif atau secara hukum,” jelas dia.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor

Rudy menegaskan, apabila kepala desa tidak bisa menjalankan administrasi desa secara baik, maka hal itu bukan semata-mata karena kesalahan pribadi. Namun, kegagalan inspektorat sebagai pendamping para kades.

============================================================
============================================================
============================================================