Mental Jadi Alasan Kuat Pramudya Kusumawardana Keluar dari Pelatnas PBSI

Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana. (Dok. PBSI)

BOGOR-TODAY.COM – Pemain ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana resmi mengundurkan diri dari pelatnas Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), pada Senin (18/12/2023). Masalah mental menjadi alasan utama Pramudia gantung raket.

Kesehatan mental Pramudia menjadi prioritas utama pebulu tangkis berusia 23 tahun ini ingin beristirahat sejenak karena masalah tersebut berdampak negatif pada kehidupan sehari-harinya.

BACA JUGA :  CLBK, Gerindra Kota Bogor Putuskan Koalisi Bersama PKB di Pilkada 2024

Pertama, kesehatan mental saya tidak baik. Hal ini mempengaruhi kehidupan saya dan saya butuh istirahat,” ujar Pramudya dalam sebuah pernyataan resmi.

Setelah resmi pamit dari Pelatnas PBSI, Pramudya akan membuka lembaran baru dengan melanjutkan sekolah di Australia. Sports science dan sport psychology menjadi program studi yang bakal ditekuninya.

BACA JUGA :  Remaja di Cicalengka Bandung Dibacok Geng Motor Slotter

“Poin kedua ialah pendidikan. Saya masih mementingkan pendidikan. Sebagian orang sudah tahu saya akan menekuni pendidikan sports science dan sport psychology. Saya ambil studi di luar karena merasa sistem di Indonesia belum mendukung untuk atlet profesional,” ujar Pramudya.

============================================================
============================================================
============================================================