Bromo Tengger Semeru Jadi Taman Nasional Terindah ke-3 di Dunia

Dilansir laman resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kawasan TNBTS ini menjadi habitat bagi 118 jenis burung, 18 jenis mamalia, 11 jenis reptil, dan 14 jenis insekta yang mayoritas memiliki nilai konservasi tinggi.

Selain keindahan alam, di kawasan TNBTS juga menyimpan keeksotisan budaya Suku Tengger yang menambah daya tarik wisata di Bromo. Keindahan pesona Bromo menarik kunjungan banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Di dalam kawasan TNBTS terdapat Gunung Bromo, sebuah gunung berapi aktif. Status Bromo sebagai gunung berapi yang masih aktif inilah yang menjadikan Bromo sebagai objek wisata menarik. Gunung Bromo dengan ketinggian mencapai 2.329 Mdpl ini merupakan objek wisata utama di Jawa Timur. Lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi yang dikenal dengan julukan “pasir berbisik” menjadi destinasi wisatawan yang berkunjung.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Menurut data Balai Besar TNBTS pada 29 Oktober 2023, kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Bromo tercatat mencapai 2.278 orang. Sehari sebelumnya, pada 28 Oktober 2023, jumlah kunjungan wisnus dan wisman mencapai 1.532 orang.

BACA JUGA :  2 Kelompok Tani di Kota Bogor Dapat Bantuan Alsintan Pompa Air

Pada hari-hari biasa, kunjungan wisatawan berada pada kisaran 300-400 orang. Tercatat, dalam kurun waktu satu pekan terakhir terhitung sejak 23–30 Oktober 2023, kunjungan wisatawan ke kawasan TNBTS mencapai 5.839 orang, di mana sebanyak 256 orang merupakan wisman.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjang 2022, diketahui Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp11,65 miliar, meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, sebanyak Rp4,85 miliar.***

Sumber: Indonesia.go.id

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================