Berikut 9 Amalan di Bulan Syaban yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim

keutamaan bulan syaban

BOGOR-TODAY.COM – Syaban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah dan disebut sebagai bulan diantara Rajab dan Ramadan.

Menurut kalender Hijriah yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kementrian Agama dan Pembinaan Syariah Kemenag, Syaban 1445 H jatuh pada hari Ahad, 11 Februari 2024.

Sebagai catatan, awal bulan Syaban ditentukan berdasarkan penampakan hilal atau pemantauan hilal. Malam 1 Syaban 1445 H jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari 2024.

Bulan Syaban adalah salah satu bulan dengan keistimewaan yang unik dalam Islam. Menurut laporan dari Buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun oleh Ustaz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk bulan ini.

BACA JUGA :  Disambangi Partai Golkar, PPP Ingin Bergandeng Tangan Saat Pemilihan Bupati Bogor 2024

Berikut ini adalah amalan-amalan yang dianjurkan:

1. Berdoa di Awal Bulan Syaban

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah berdoa ketika memasuki bulan Syaban. Doa ini dibaca berulang kali ketika memasuki bulan Syaban. Selain itu, ada doa lain yang juga bisa dibaca.

2. Berdoa di Malam Nisfu Syaban

BACA JUGA :  Usai Bunuh Kekasih, Pria di Batang Nekat Gantung Diri

Amalan selanjutnya adalah berdoa di malam Nisfu Syaban. Salah satu doa yang sering dikutip adalah doa Nabi Adam AS.

3. Berpuasa di Bulan Syaban

Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa (sunnah) lebih banyak daripada di bulan Syaban. Umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa sebagaimana yang dilakukan oleh beliau.

4. Membaca Surah Yasin

Pada malam Nisfu Syaban, dianjurkan untuk membaca surah Yasin sebanyak 3 kali secara berturut-turut dengan niat yang berbeda.

============================================================
============================================================
============================================================