Kamu Harus Tahu, Ini Dia 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COMAir kelapa memang terkenal menyegarkan dan rasanya yang manis enak diminuman untuk pelepas dahaga. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Mungkin sudah banyak orang tahu manfaat meminum air kelapa untuk kesehatan seperti sembelit dan hipertensi.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi air kelapa? Simak di bawah ini.

  1. Mencegah risiko penyakit jantung

Mengonsumsi air kelapa juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 menemukan air kelapa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kolesterol dan trigliserida tinggi merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA :  Simak Ini! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Bisa Memperpendek Usia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air kelapa juga dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi yang mana juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Sebuah penelitian mengungkapkan mengonsumsi air kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan jerawat. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada dalam air kelapa juga disebut dapat membantu menangkal efek radikal bebas yang bisa merusak kulit.

  1. Mengembalikan cairan tubuh

Air kelapa adalah minuman yang cocok untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat cuaca panas atau seharian beraktivitas. Air kelapa juga lebih menyehatkan karena tidak mengandung pemanis tambahan dan rendah kalori.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

Air kelapa juga mengandung elektrolit, yakni mineral bermuatan ion yang berperan dalam menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh. Karenanya, mengonsumsi air kelapa dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dan mengembalikan keseimbangan cairan tubuh.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Dikutip dari Times of India, air kelapa mengandung nutrisi dan enzim yang dapat menunjang sistem metabolisme dan membakar lebih banyak kalori.

============================================================
============================================================
============================================================