Rendah Fluktosa, 4 Makanan ini Baik untuk Penderita Diabetes

BOGOR-TODAY.COM – Penderita diabetes memang harus memilah milih makanan yang tidak banyak kandungan gulanya. Maka dari utu artikel ini akan merekomendasikan makanan-makanan yang rendah fruktosa dan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Satu dari berbagai zat yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes selain glukosa adalah fruktosa.

Fruktosa merupakan jenis gula alami yang dapat ditemukan dalam sejumlah buah, sayuran, madu, dan nektar.

Fruktosa juga dapat diklasifikasikan sebagai karbohidrat sederhana yang tergolong dalam gula-gula alami.

Meskipun fruktosa adalah gula alami yang ada dalam makanan alami, konsumsi yang berlebihan dari fruktosa, terutama dalam bentuk sirup fruktosa tinggi seperti High Fructose Corn Syrup (HFCS), telah terkait dengan beberapa potensi risiko kesehatan.

Adapun penyakit yang terkait kelebihan fruktosa

Beberapa penyakit terkait konsumsi fruktosa berlebihan dalam tubuh.

  • Penyakit Hati Berlemak Non Alkoholik (NAFLD): Peningkatan konsumsi fruktosa dapat berkontribusi pada perkembangan NAFLD, yaitu penumpukan lemak di hati tanpa konsumsi alkohol yang signifikan.
  • Kerusakan Metabolisme Karbohidrat: Fruktosa tidak memicu pelepasan insulin seperti glukosa, sehingga dapat mengganggu metabolisme karbohidrat normal.
  • Obesitas: Konsumsi berlebihan fruktosa dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan obesitas. Fruktosa tidak merangsang peningkatan hormon penekan nafsu makan seperti glukosa, sehingga dapat memicu keinginan untuk makan lebih banyak.
  • Resistensi Insulin: Peningkatan konsumsi fruktosa, terutama melalui HFCS, telah dikaitkan dengan resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko untuk diabetes tipe 2.
  • Penyakit Jantung: Konsumsi berlebihan fruktosa dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kadar trigliserida, tekanan darah, dan resistensi insulin.
  • Penyakit Batu Ginjal: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi fruktosa berlebihan dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, terutama jika individu memiliki kecenderungan membentuk batu.
BACA JUGA :  Menu Makan Malam Simple dengan Tumis Suun dan Buncis yang Lezat dan Bikin Nagih

Untuk itu, Anda perlu mengenali sederet makanan rendah fruktosa sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Berikut ini rekomendasi makanan rendah fruktosa yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Makanan rendah fruktosa

  1. Sayuran
BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Walaupun banyak sayuran mengandung fruktosa alami, beberapa jenis sayuran dapat dimasukkan ke dalam diet rendah fruktosa. Menurut informasi dari Sistem Kesehatan Universitas Virginia, sayuran yang dimasak merupakan pilihan yang lebih baik karena proses memasak dapat mengurangi kandungan gula bebas dalam sayuran.

Sayuran yang disarankan dalam diet rendah fruktosa termasuk asparagus, sayuran hijau, seledri, jamur, kentang putih, bayam, dan kacang polong. Namun, National Digestive Disorders Information Clearinghouse menyatakan bahwa bawang bombay dan artichoke mengandung fruktosa secara alami, sehingga sebaiknya dihindari dalam diet rendah fruktosa.

============================================================
============================================================
============================================================