Wajib Tahu! Ini Dia Minuman Pereda Asam Lambung yang Bisa Dicoba di Rumah

BOGOR-TODAY.COM – Jika mengidap penyakit asam lambung atau GERD, maka sudah bukan rahasia lagi kita perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi ke dalam tubuh, tidak hanya makanan saja, minuman juga perlu di perhatikan.

Asam lambung naik bisa diperparah dengan mengonsumsi beberapa minuman seperti kopi atau soda. 

Namun, ada juga beberapa minuman yang membantu meredakan asam lambung dan mengatasi gejalanya.

Berikut minuman pereda asam lambung.

1. Teh herbal

Teh herbal termasuk minuman pereda asam lambung yang mudah untuk dibuat. Teh herbal dapat meningkatkan sistem pencernaan, sehingga mencegah asam lambung naik dan menimbulkan gejala.

Tapi ingat, pengidap asam lambung sebaiknya menghindari teh yang mengandung spearmint atau peppermint karena malah dapat memperburuk kondisi.

2. Susu rendah lemak

Susu sapi rendah lemak juga menjadi salah satu minuman yang bisa membantu mengatasi asam lambung naik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa susu rendah lemak dapat mengurangi motilitas lambung, sehingga makanan berlemak tinggi dapat bertahan lebih lama di perut.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor dan Provinsi Jabar Kolaborasi Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Puncak 

3. Susu nabati

Selain susu sapi rendah lemak, susu nabati juga bisa menjadi minuman alternatif untuk meredakan gejala asam lambung naik. Susu ini cocok dikonsumsi terutama oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa dan tidak bisa minum susu sapi.

Adapun beberapa jenis susu nabati di antaranya susu kedelai, susu oat, susu almond, susu cashew, dan lain sebagainya.

4. Smoothies

Smoothies merupakan salah satu cara lezat untuk menambahkan asupan vitamin dan mineral ke menu sehari-hari. Di saat yang bersamaan, smoothies yang terbuat dari buah atau sayuran tertentu juga dapat membantu meredakan gejala asam lambung naik.

BACA JUGA :  Tak Terima Ditegur Saat Lawan Arus, Pemuda di Malang Dikeroyok

Misalnya, buah yang terbuah dari buah pir atau semangka. Kedua buah tersebut memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung atau GERD.

Sementara, smoothies yang terbuat dari campuran bayam atau kale tidak hanya membantu mengatasi gejala asam lambung naik, tapi juga melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.

5. Air kelapa

Air kelapa yang tidak ditambahkan gula atau pemanis buatan juga bisa menjadi opsi untuk meredakan gejala asam lambung naik. Air kelapa mengandung elektrolit tinggi yang membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, sehingga gejala asam lambung naik bisa terkendali.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================